Soal Vaksin Bagi Anak Usia 6-12 Tahun, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Tunggu Instruksi dari Kemenkes

sejauh ini vaksinasi untuk anak 12 tahun berjalan aman. Sekiranya sudah ada 861.336 remaja di DKI Jakarta yang menjalani vaksinasi.

Penulis: Yolanda Putri Dewanti | Editor: Agus Himawan
YouTube Kompas TV
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac bagi anak berusia 6 hingga 11 tahun. Kebijakan itu dikeluarkan setelah setelah vaksinasi diperbolehkan bagi anak usia 12 tahun.

Berkaitan dengan hal tersebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19.

Meski masih menunggu regulasi dan kebijakan lebih lanjut dari Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan DKI Jakarta tetap memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya para orangtua perihal vaksinasi.

Dwi mengatakan vaksinasi sebagai satu upaya paling efektif dan efisien dalam menanggulangi penyakit. Kementerian Kesehatan menyebut dengan bertambahnya sasaran vaksinasi yakni untuk anak usia 6-11 tahun, maka kekebalan kelompok akan semakin cepat terwujud.

Baca juga: Di tengah Pandemi Covid-19, Market Share Mortar Indonesia Tumbuh 1,03 Persen

“Kemudian kalau ada orangtua yang belum setuju, kita berusaha untuk memberikan kesadaran bahwa manfaat vaksinasi sangat besar untuk melindungi orang yang divaksin maupun orang lain,” ucap Dwi, Kamis (4/11/2021).

Menurut Dwi, sejauh ini vaksinasi untuk anak 12 tahun berjalan aman. Sekiranya sudah ada 861.336 remaja di DKI Jakarta yang menjalani vaksinasi.

“Angka itu setara dengan 86 persen tanpa memandang tempat tinggal. Mudah-mudahan kesadaran orangtua, para remaja, dan lingkungan yang mendukung, mempunyai pemahaman baik tentang manfaat vaksin,” ujarnya.

Di sekolah

Lebih lanjut Dwi berharap vaksinasi untuk anak 6-11 tahun juga bisa diselenggarakan di sekolah. “Kita sudah biasa melakukan vaksinasi di sekolah. Sehingga bisa lebih mudah untuk melaksanakan vaksinasi,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah fokus untuk melakukan sinkronisasi data bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta.

Baca juga: Vaksin untuk Anak 6-11 Tahun, Dinkes DKI Lakukan Persiapan Data

Sehingga begitu regulasi keluar, maka pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun bisa segera dilakukan. “Kita masih menunggu regulasi Kementerian Kesehatan termasuk di dalamnya soal teknis pelaksanaan dan lain-lain,” jelasnya.

“Kemudian yang lain-lainnya kami menunggu ketentuan Kemenkes. Apakah ada skrining khusus, maksudnya selama ini kan skrining untuk ibu hamil, ada pertanyaan-pertanyaan tertentu.

Apakah ada perbedaan pertanyaan ya walaupun gak terlalu signifikan. Nah itu kita perlu ikuti juknisnya nanti. Sedang diproses,” ucapnya.

Pendataan

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved