Berita Jakarta

Dinas Dukcapil Jemput Bola, Ratusan Siswa SMA 70 Jakarta Jalani Perekaman KTP Elektronik

Kegiatan ini merupakan jemput bola untuk perekaman data dan pencetakan KTP bagi para pelajar berusia 16 tahun dan 17 tahun.

Editor: Feryanto Hadi
Feryanto Hadi
Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaludin menyerahkan KTP Elektronik kepada siswa SMAN 70 Jakarta 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Ratusan pelajar dari SMA Negeri 70 Jakarta mengikuti perekaman KTP Elektronik yang digelar Suku Dinas (Sudin) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan.

Kegiatan ini merupakan  'jemput bola' untuk perekaman data dan pencetakan KTP bagi para pelajar berusia 16 tahun dan 17 tahun.

Kegiatan itu sudah dilakukan selama dua hari di SMA Negeri 70, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sejak Rabu (3/11/2021) dan Kamis (4/11/2021).

Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaludin mengatakan, kegiatan perekam data dan pencetakan bagi siswa itu akan dilakukan di wilayah DKI dengan diawali oleh Suku Dinas Dukcapil Jaksel.

Baca juga: Kemendagri: Pengaturan Dukcapil Turut Wujudkan Indonesia Yang Tertib, Adil dan Makmur

"Inisiasi pertama dilakukan di Jaksel, selanjutkan akan kami lakukan di wilayah lain," ungkap Budi saat mengunjungi SMA Negeri 70 Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Adapun tujuan 'jemput bola' mendatangi sekolah untuk merekam data dan pencetakan KTP bagi siswa itu dilakukan guna menghindari mereka izin dengan alasan pembuatan identitas di Kelurahan atau Kantor Dukcapil.

"Karena kalau kita berikan (siswa) ambil Kelurahan mereka harus izin dari sekolah. Karena itu kita bantu untuk seluruh pelajar atau siswa yang bersekolah di DKI Jakarta," kata Budi

Budi mengatakan, setidaknya sudah ada 127 siswa yang direkam data KTP hari pertama pada Rabu dan 152 siswa pada hari Kamis ini.

Baca juga: Ramai Nikah Siri Bisa Masuk KK, Kepala Disdukcapil Kota Bekasi: Kami Hanya Mencatat Pernikahan

Pelajar SMAN 70 Jakarta menjalani perekaman KTP Elektronik, Kamis (4/11/2021)
Pelajar SMAN 70 Jakarta menjalani perekaman KTP Elektronik, Kamis (4/11/2021) (Feryanto Hadi)

Mereka yang dilakukan perekaman data KTP merupakan siswa berusia 16 tahun hingga17 tahun.

Sementara itu, ada lima siswa berusia 17 tahun yang langsung mendapatkan KTP Elektronik.

Dukcapil pun akan melakukan perekaman data KTP untuk pelajar akan terus berlanjut dengan mendatangi sekolah-sekolah lain, tak terkecuali sekolah swasta.

"Kita bergerak setelah SMA N 70 selesai semua kita bergerak ke SMA lain ya untuk melakukan perekaman jemput bola untuk para pelajar. Tujuan dari Dinas Dukcapil adalah target cakupan untuk kepemilikan KTP di DKI jakarta ini adalah 100 persen," kata Budi.

Sementara itu, Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris menyebut, langkah ini merupakan tindakan lanjutan dari audiensi yang dilakukan bersama KPU dalam rangka pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) jelang pemilu pada 2024 mendatang.

NIK Tidak Ditemukan di Aplikasi PeduliLindungi, Ini Dalih dan Solusi dari Disdukcapil Kota Bekasi

"Hasil audiensi Dukcapil dengan KPU merekomendasikan segera kolaborasi dengan Disdik untuk melakukan perekaman di sekolah dengan tentunya menerapkan prokes," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved