Breaking News:

Info PAM Jaya

Sedari Merdeka Warga Kamal Muara Baru Dapat Air Bersih di Tahun 2021

Penyediaan air bersih itu maka akan memberikan triple effect pada kehidupan masyarakat di Muara Kamal.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Ichwan Chasani
Dok. PAM Jaya
Petugas sedang melakukan persiapan untuk pemasangan pipa distribusi PAM Jaya di Jakarta Barat, beberapa waktu lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANAH ABANG — Tak dapat layanan air bersih sejak merdeka, kini warga Kamal Muara, Jakarta Barat bisa mendapatkan air bersih dengan harga terjangkau.

Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengatakan bahwa pihaknya tak hanya fokus mengejar target 80 persen keterjangkauan air bersih di DKI Jakarta.

Pihaknya juga fokus memberikan pelayanan bagi warga DKI Jakarta yang selama hidupnya tak pernah mendapatkan air bersih.

"Kami saat ini sudah distribusikan tambahan air 500 liter perdetik. Jadi ada pipa yang dibangun kemudian kami alirkan ke daerah-daerah yang sejak merdeka enggak dapet air bersih misal di Kamal Muara," tuturnya ditemui di kantornya kawasan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021).

Menurut Hernowo dari penyediaan air bersih itu maka akan memberikan triple effect pada kehidupan masyarakat di Muara Kamal.

Dulunya warga harus mengeluarkan Rp600 ribu perbulan untuk air bersih. Namun sejak ada perpipaan dari PAM Jaya, kini warga hanya keluarkan sekitar Rp100 ribu perbulan untuk air bersih.

Hernowo menambahkan, ada 30 ribu sambungan perpipaan yang dibangun di Kamal Muara, Kamal, Tegal Alur dan Pegadungan. Dimana 30 ribu sambungan itu bisa memberikan air bersih kepada 150 ribu orang.

"Memang jumlahnya tidak besar, tapi negara hadir. Perpipaan di wilayah-wilayah tak terjangkau air bersih itu mulai dilakukan sejak tahun 2021 dan ini masih terus berjalan," jelasnya.

PAM Jaya saat ini memang masih mengejar target yang diberikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar keterjangkauan air bersih di Jakarta mencapai 80 persen.

Saat ini, baru 69 persen keterjangkauan air bersih di DKI Jakarta. Dalam mencapai target tersebut, pihak PAM Jaya mengutamakan penyediaan air bersih di wilayah-wilayah kumuh dan tertinggal di Ibukota Jakarta. (*)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved