Breaking News:

Dengan Penuh Keberanian, Siswa SMA Ini Minta ke KSAL Untuk Jadi Anggota TNI AL

Pada kesempatan itu, Yudo berinteraksi dengan para pelajar dari SMAN 1 Pusakanagara Subang, Jawa Barat.

Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Siswa SMAN 1 Pusakanagara Subang curhat kepada KSAL Laksamana TNI Yudo Margono akan keinginan menjadi anggota TNI AL. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau serbuan vaksinasi maritim di Komplek Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (2/11/2021).

Pada kesempatan itu, Yudo berinteraksi dengan para pelajar dari SMAN 1 Pusakanagara Subang, Jawa Barat. Bahkan ada di antara mereka yang curhat ingin menjadi anggota TNI AL. 

Awalnya Yudo mendekati sejumlah siswa yang sedang duduk di tempat yang telah disediakan untuk mendapat giliran divaksin. Ketika itu Yudo menanyakan siapa yang tertarik jadi prajurit. 

"Siapa di antara kalian yang ingin jadi pasukan TNI Angkatan Laut?," tanya Yudo.

Baca juga: Terus Ditanya Soal Isu Calon Panglima TNI, KSAL: Mbok Ya Sabar

Baca juga: Chico Jericho Dibimbing KSAL, Perankan Komodor Yos Sudarso di Film Arafuru

Tanpa menunggu waktu lama, seorang di antara sekian banyak siswa dengan berani mengangkat tangannya. Pelajar bernama Dede Sandi (17) itu ingin sekali menjadi anggota TNI AL. 

"Saya pak, saya ingin jadi TNI Angkatan Laut," jawab Dede lugas. 

Melihat keberanian siswa tersebut, Yudo lalu memanggil Dede untuk mendekatinya. Yudo juga sempat menanyakan tinggi badan Dede yang menjadi salah satu syarat utama sebagai prajurit.

"Berapa tinggi kamu? Tapi tinggi kamu pas yah. Badan juga saya lihat juga cukup," ucap Yudo.

Baca juga: KSAL Sebut 1,1 Juta Warga Pesisir di Indonesia Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Setelah berinteraksi, Dede tidak segan mengajak calon Panglima TNI untuk foto bersama. Menurut Dede, keinginan menjadi anggota TNI AL adalah cita citanya sejak kecil.

"Karena TNI itu gagah, berani, terus juga bela negara kan. Ini cita-cita saya dari kecil juga. Dan keluarga juga ada TNI Angkatan Laut, semoga saya bisa," kata Dede.

Menanggapi keinginan Dede itu, Yudo memberi beberapa pesan dimana salah satunya adalah menyiapkan diri mulai dari fisik, mental, dan juga menjauhi lingkungan yang tidak baik.

"Kemudian dari akademis juga demikian, mental ideologi, psikotest, dan tentunya bisa belajar dari buku-buku. Tapi yang penting fisik dulu, karena fisik ini agak susah untuk dipertahankan," pesan Yudo.

Jenderal bintang empat itu menambahkan TNI AL setiap tahunnya membuka pendaftaran mulai dari Sabang sampai Merauke bagi mereka yang ingin menjadi prajurit tanpa dipungut biaya. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved