Pariwisata Menggeliat, Selama Sepekan Sudah Ribuan Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu

Menurunnya kasus positif Covid-19 di Indonesia membuat keinginan terpendam masyarakat untuk berwisata tersalurkan. 

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Industri pariwisata di Kepulauan Seribu sangat terdampak akibat pandemi Covid-19 yang sudah berjalan 1,5 tahun tidak kunjung selesai. Saat ini, pelaku wisata di Kepulauan Seribu mengalami kesulitan hidup karena tak punya penghasilan. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUANSERIBU - Menurunnya kasus positif Covid-19 di Indonesia membuat keinginan terpendam masyarakat untuk berwisata, tersalurkan. 

Masyarakat mulai melakukan wisata lagi ke beberapa daerah. Salah satunya di Kepulauan Seribu.

Ribuan wisatawan tercatat mengunjungi sejumlah pulau di wilayah Kepulauan Seribu untuk rekreasi pada 24-31 Oktober 2021 kemarin. 

Kasubag TU Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu Neneng Roaeni mengatakan tercatat 1.528 wisatawan yang melakukan plesiran di sejumlah pulau. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Perjalanan Wisata ke Kepulauan Seribu Dihentikan Sementara, Ini Penyebabnya

Baca juga: Kembali Dibuka, Pondok Zidane di Sawangan Mulai Diserbu Wisatawan

Jumlah tersebut terhitung sejak dibuka kembali pintu bagi para wisatawan yang ingin plesiran di Kepulauan Seribu setelah sempat ditutup akibat melonjaknya kasus Covid-19 di DKI Jakarta.

“Sejak kembali dibuka ada sebanyak 1.528 orang, di antaranya 1.524 wisatawan nusantara dan 4 wisatawan mancanegara,” kata Neneng, Senin (1/11/2021).

Neneng menambahkan ribuan wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu tersebut datang melalui empat pintu masuk yakni Dermaga Marina, Kali Adem, Tanjung Pasir dan Rawasaban.

Rinciannya, wisatawan paling banyak berangkat dari Dermaga Marina dengan 547 orang disusul Tanjung Pasir dengan 531 orang. Sementara itu dua dermaga lainnya tidak sampai 500 orang. 

Baca juga: Wakil Bupati Kepulauan Seribu Ingatkan Peran DMI Jaga Kualitas Umat Islam

Baca juga: Kampung Jepang Jadi Lokasi Peringatan HUT ke-20 Kabupaten Kepulauan Seribu 

"Untuk wisatawan yang berkunjung melalui pintu masuk di Dermaga Kali Adem ada 377 orang dan Rawasaban sebanyak 73 wisatawan," tuturnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu kembali membuka sejumlah pulau untuk pariwisata dengan kapasitas 25 persen sejalan dengan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1245 Tahun 2021 Tentang PPKM Level 2.

Selain itu pembukaan wisata di Kepulauan Seribu juga tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 638 Tahun 2021 pada sektor pariwisata. 

Setiap wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu wajib telah menjalani vaksinasi minimal dosis pertama dan melakukan scan QR Code PeduliLindungi di dermaga keberangkatan.

Baca juga: Pulau Panjang Jadi Tempat Wisata Religi, Pemkab Kepulauan Seribu akan Bangun Akses Jalan

Sementara untuk wisatawan anak-anak usia di bawah 12 tahun agar wajib didampingi dan dalam pengawasan orangtuanya yang sudah menjalani vaksinasi minimal dosis pertama. 

Nantinya pada dermaga keberangkatan dan kedatangan dibuat dua jalur yaitu satu jalur untuk mereka yang bukan berdomisili di Kepulauan Seribu atau wisatawan dan satu jalur lainnya bagi warga Kepulauan Seribu maupun para petugas. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved