Breaking News:

Berita Jakarta

23 Titik Rawan Banjir & Longsor Mengintai, Terbanyak di Sukmajaya, Pancoran Mas, Cipayung & Sawangan

Jelang Puncak Musim Penghujan, Warga Depok Diminta Waspadai 23 Titik Rawan Banjir dan Longsor di Sukmajaya, Pancoran Mas, Cipayung, dan Sawangan

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri (keempat kanan) dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Raden Gandara Budiana (tengah seragam biru) foto bersama saat pembukaan kapasitas peningkatan relawan bencana Kota Depok, di Balai Rakyat, Beji, Kota Depok pada Senin (1/11/2021).  

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Raden Gandara Budiana, mengatakan ada 23 titik rawan banjir dan longsor di Depok yang perlu diwaspadai memasuki musim penghujan seperti saat ini.

Menurutnya, dari 23 titik tersebut yang paling banyak sebaran wilayahnya berada di Sukmajaya, Pancoran Mas, Cipayung, dan Sawangan.

"Sebaran kecamatannya ya hampir semua kecamatan tapi yang paling banyak wilayah Sukmajaya, Pancoran Mas, Cipayung, Sawangan," ucapnya saat pembukaan acara kapasitas peningkatan relawan bencana Kota Depok, di Balai Rakyat, Beji, Depok pada Senin (1/11/2021).

Gandara menambahkan bencana yang rawan terjadi di Depok meliputi banjir, longsor serta angin puting beliung.

"Sebetulnya kalau bencana di Kota Depok itu kan lebih kepada terkena rawan banjir, longsor maupun puting beliung," jelas Gandara.

Baca juga: Dinas PUPR Kota Depok Siagakan Satgas Banjir 24 Jam Pantau Titik-Titik Lokasi Rawan Banjir

Baca juga: Banjir di Jakarta Salah Satu Pemicunya Sampah dari Kawasan Hulu

Dia menyebut ada beberapa titik yang kerap mengalami genangan ketika hujan turun. Antara lain berada di Cimanggis, Sukmajaya, Bukit Cengkeh, Cipayung, Sawangan dan Bojongsari

"Kebanyakan kalau banjir itu genangan-genangan. Yang genangan itu terjadi di beberapa titik. Misalnya Cimanggis, Sukmajaya, Bukit Cengkeh kemudian di Cipayung terkait aliran Kali Pesanggrahan. Kemudian juga ada di wilayah Sawangan kemudian di wilayah Bojongsari. Di beberapa titik itu memang sering terjadi genangan," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai dinas di Depok untuk mencegah dampak bencana.

Salah satunya dengan melakukan pemangkasan pohon demi mencegah pohon tumbang saat hujan deras.

Baca juga: Kodim 0508 Depok Bangun Saluran Air di Kampung Perigi, Warga Senang Sudah Tidak Banjir Lagi

Baca juga: Cegah Banjir di Kawasan Perbatasan Depok-Jakarta Selatan, Lima Waduk di Kawasan TMR Dikeruk

"Ada yang bisa kita tangani langsung, ada yang bisa ditangani oleh rekan-rekan dari misalnya DLHK. DLHK sangat aktif untuk melakukan membantu untuk pemangkasan pohon, penanganan di lapangan," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun depok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved