Gelar Pelatihan Manajemen Pariwisata, Pertamina Bangun Kemandirian Warga Pesisir Pantai Balongan

Program Desa Wisata merupakan pembinaan dan upskilling kapasitas warga dalam pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Pertamina MOR III
Pelatihan Sadar Wisata dan Manajemen Pariwisata - Program Desa Wisata Pantai Tirta Ayu. 

WARTAKOTALIVE.COM, BALONGAN — PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat  Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Terminal Balongan hadir untuk mendukung kemandirian warga di pesisir Pantai Tirta Ayu Balongan, Jawa Barat.

Dukungan tersebut diwujudkan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni Pelatihan Sadar Wisata dan Manajemen Pariwisata - Program Desa Wisata Pantai Tirta Ayu.

Program Desa Wisata merupakan pembinaan dan upskilling kapasitas warga dalam pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di Pantai Tirta Ayu Balongan tersebut, HSSE Officer Integrated Terminal Balongan Pertamina Patra Niaga Juwarin;  Sekcam Balongan Encep, Kuwu Balongan Radi, BPD, BUMDes, Karang Taruna, Pendamping Desa, Pemilik Kios dan Pengelola Pantai Tirta ayu sejumlah 32 orang.

“Tentunya warga sangat terbantu dengan pelatihan ini  sebagai peningkatan kapasitas terkait sadar wisata dan sapta pesona sehingga kedepannya bisa lebih siap dalam menerima wisatawan, dan mengembangkan  usahanya untuk kemandirian ekonomi setempat,” ungkap Encep Sekcam Balongan di sela sambutannya.

Area Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bersama mengenai sadar wisata dan pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat, sehingga di masa mendatang pengelola pantai dan segenap unsur warga dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung objek wisata Pantai Tirta Ayu. Imbal balik tumbuhnya pariwisata adalah tercipta kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap program ini mampu berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan melalui terciptanya desa wisata yang menarik bagi para wisatawan,” ungkap Eko Kristiawan.

Program Pelatihan ini tidak hanya menyasar warga pemilik kios di pesisir pantai namun juga pemuda anggota Karang Taruna untuk mendorong peningkatan penghasilan keluarga.

Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative, yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal dan Pertamina Go Sustainability untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan, serta sebagai wujud kontribusi Pertamina dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved