Peduli Lingkungan, Dosen UBL Kembangkan Aplikasi E-Waste Bank Sampah di Perumahan Puri Cinere

Kegiatan ini merupakan perwujudan dari perolehan hibah Program Kemitraan Masyarakat dari Kemenristek-BRIN yang berhasil diraih pada awal tahun 2021.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. UBL
Tim dosen dari Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta sukses mengembangkan bank sampah dalam rangkaian Program Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di perumahan Puri Cinere Hijau (PCH) di Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Tim dosen dari Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta sukses mengembangkan bank sampah dalam rangkaian Program Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di perumahan Puri Cinere Hijau (PCH) di Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok.

Tim dosen tersebut terdiri dari Reva Ragam Santika, M.Kom., M.M. dan Anita Diana, M.Kom dari Fakultas Teknologi Informasi, serta Elizabeth Ginting, S.E., M.M. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Kegiatan ini merupakan perwujudan dari perolehan hibah Program Kemitraan Masyarakat dari Kemenristek-BRIN yang berhasil diraih pada awal tahun 2021.

Rangkaian kegiatan ini meliputi pembangunan Pondok Bank Sampah Terpadu PCH, pembuatan mesin bermetode pirolisis yang mengolah sampah plastik menjadi cairan minyak setara bahan bakar premium, serta pembuatan aplikasi mobile e-waste untuk pengelolaan administrasi dan transaksi bank sampah PCH.

Selain itu juga ada kegiatan pengolahan sampah rumah tangga berupa plastik yang diubah menjadi produk kerajinan baru yang bernilai jual tinggi serta pelatihan strategi pemasaran serta penggunaan social media untuk menjual kerajinan tersebut secara meluas.

"Akhirnya kami mempunyai Pondok Bank Sampah PCH mandiri secara permanen, dan alhamdulilah semua berkat bantuan dari tim dosen Universitas Budi Luhur bekerjasama dengan Kemenristek-BRIN. Semoga apa yang telah diusahakan, bisa berkelanjutan dan berkembang serta dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Yusi Fajarwati selaku Ketua RT 06 PCH merangkap Ketua Bank Sampah PCH.

Tujuan utama pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan alternatif terkait strategi dan edukasi kepada warga agar mampu meningkatkan kepedulian masyarakat terutama bersahabat dengan sampah untuk mewujudkan kestabilan lingkungan hidup dengan lebih baik dalam hal sosial, ekonomi, dan lingkungan dari pengolahan sampah. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved