Breaking News:

UI Depok

Mahasiswa UI Luncurkan Aplikasi ParuKu dan EndCorona, Permudah Warga Vaksinasi juga Isoman

Permudah warga vaksinasi juga isoman, mahasiswa UI luncurkan aplikasi ParuKu dan EndCorona. Hal ini dilakukan sebagai kontribusi atasi pandemi Covid.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Istimewa
Mahasiswa UI Luncurkan Aplikasi ParuKu dan EndCorona, Permudah Warga Vaksinasi juga Isoman. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Mahasiswa UI luncurkan aplikasi ParuKu dan EndCorona, permudah warga vaksinasi juga isoman.

Kontribusi untuk Indonesia, mahasiswa UI luncurkan aplikasi ParuKu, permudah warga lakukan vaksinasi.

Baca juga: Temukan Sistem Pengolahan Sampah Gunakan HP, Mahasiswa FT UI Depok Juara di Lomba Peduli Bumi 2021

Untuk mendorong tercapainya herd immunity di Indonesia, mahasiswa Univesitas Indonesia (UI) menggelar sentra vaksinasi Covid-19 di di Sentra Olah Raga Kampus UI Depok. Kemudian di RS UI Depok dan di kampus UI Salemba.

Tidak hanya itu, mahasiswa UI juga berkontribusi nyata bagi penanganan pandemi dengan pemanfaatan teknologi.

Baca juga: Untuk Perkuat Tata Kelola UI Depok Kerjasama dengan BPKP, Ini Kata Rektor Prof Ari Kuncoro

Mahasiswa UI meluncurkan aplikasi ParuKu yang diciptakan oleh tim mahasiswa gabungan dari dua fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Komputer.

Aplikasi ini menyediakan beberapa layanan berupa informasi jadwal dan lokasi vaksinasi, informasi ketersediaan ranjang rumah sakit pelayanan Covid-19, serta rekomendasi laboratorium untuk tes diagnostik Covid-19 berdasarkan lokasi pengguna dan kapasitas fasilitas kesehatan.

“Informasi-informasi seperti ini penting agar pasien yang terpapar virus Covid-19 dapat mendapatkan penanganan secepatnya, tanpa perlu bolak-balik terlebih dahulu antar rumah sakit yang dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh pasien,” ungkap Farhana Ibrahim Syuaib, mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Kedokteran sebagai salah satu anggota tim pencipta ParuKu.

Selain ParuKu, tim mahasiswa kolaborasi dari FK dan Fasilkom juga mengembangkan aplikasi bernama EndCorona, yaitu sebuah platform penyedia asesmen mandiri bagi masyarakat awam yang menduga dirinya mungkin terpapar virus Covid-19.

Aplikasi ini dapat diakses di endcorona.fk.ui.ac.id dan juga bisa diakses di perangkat berbasis Android dalam bentu apk. 

Baca juga: Direktur Kemahasiswaan UI Depok Sebut Pimpinan Telah Dengar dan Pahami Masukan Mahasiswa

Kontribusi mahasiswa tidak hanya dengan menggunakan perangkat teknologi, namun juga dalam bentuk turun langsung ke lapangan melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved