Breaking News:

Antisipasi Pohon Tumbang pada Musim Hujan, Pemkot Jakarta Timur Pangkas 32.377 Pohon

Pemerintah Kota Jakarta Timur memangkas ribuan pohon untuk mengantisipasi kerawanan pohon tumbang saat Jakarta memasuki musim hujan.

Istimewa
Evakuasi pohon tumbang di Jalan RA Fadillah, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2021) tumbang akibat cuaca ekstrem usai tersambar petir.  

WARTAKOTALIVE.COM, JATINEGARA - melakukan sejumlah langkah dalam menyambut datangnya musim penghujan yang diprediksi jatuh di bulan November mendatang. 

Salah satu langkah yang dikerjakan yakni melakukan pemangkasan pohon besar di seluruh wilayah Jakarta Timur.

Sejak bulan Januari hingga Oktober 2021, Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur telah memangkas 32.377 pohon dengan segala ukuran. 

Baca juga: Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang, 1 Pohon Tumbang di Kecamatan Kembangan

"Pemangkasan pohon itu dalam rangka untuk mengantisipasi pohon tumbang di musim hujan atau ketika ada angin besar," kata Atang Setiawan, Kasi Kehutanan dan Jalur Hijau, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur saat dihubungi pada Kamis (28/10/2021) sore. 

Menurut Atang, pemangkasan sejumlah pohon besar dimaksudkan untuk meringankan beban pohon.

"Sebetulnya sih ada kalau dari teorinya, lingkar batang nggak boleh melebihi diameter 10 meter," sambung Atang. 

Pihak Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur kerap kali mendapatkan laporan dari masyarakat perihal penebangan pohon, terutama untuk pohon-pohon yang memiliki diameter yang lebar. 

"Sementara ini Pemkot kan cuman memangkas kalau ada pengaduan masyarakat. Penebangan pohon besar dan berat itu jika ada yang membahayakan," ucap Atang.

Atang pun menjelaskan, ada tiga kategori dalam pemangkasan pohon, yakni pemangkasan ringan, sedang, dan berat.

"Ringan itu hanya ranting-ranting yang di bawahnya saja. Kalau sedang kan sampai ke atas, kalau berat sampai penggundulan di bagian atasnya, hanya menyisakan beberapa ranting saja gitu," tuturnya. 

Baca juga: Korban Ungkap Alasan Pohon Tumbang di Jalan Raya Kalimulya, Bukan karena Hujan dan Angin Kencang

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved