Breaking News:

Elite Pro Academy

Legenda Persita Tangerang Ilham Jaya Kesuma, Antara Pengabdian dan Pembinaan Usia Muda

Ilham Jaya Kesuma saat ini sebagai pelatih tim yunior Persita dan fokus disana untuk membina bakat-bakat pesepak bola muda lokal Tangerang

Editor: Umar Widodo
pssi.org
Legenda Persita Tangerang dan timnas Indonesia Ilham Jaya Kesuma saat ini membina tim Persita Tangerang U-16 yang mengikuti ajang Mola Elite Pro Academy 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ilham Jaya Kesuma adalah sosok yang dahulu dikenal sebagai pemain sepak bola, sempat membela tim nasional Indonesia era tahun 2004 hingga 2007.

Aksi-aksinya juga terekam ketika bermain bersama klub-klub di kompetisi lokal Indonesia dan klub luar negeri MPPJ Selangor FC (Malaysia).

Sebut saja klub seperti Persisam Putra Samarinda, Mitra Kukar, Sriwijaya FC pernah diperkuat oleh pria kelahiran 19 September 1978 itu.

Namun hatinya justru tak bisa jauh dari nama klub Persita Tangerang yang sudah dia bela sejak tahun 1996 hingga terakhir di 2012.

Kini, dirinya pun masih mengabdi di klub tersebut, namun bukan sebagai pemain, tetapi sebagai pelatih tim yunior dan fokus disana untuk membina bakat-bakat pesepak bola muda lokal Tangerang yang kini bermain di kompetisi Mola Elite Pro Academy.

Dilansir dari laman resmi PSSI, dibawah komandonya Persita Tangerang U-16 berada di posisi kedua klasemen sementara Grup C dengan torehan 12 poin, membayang-bayangi Persib Bandung U-16 di posisi puncak dengan 15 poin.

Dari enam kali main, empat kali diraihnya dengan kemenangan dan kalah dua kali dari pemuncak klasemen grup.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada jajaran PSSI yang dimana EPA ini telah bergulir lagi, karena ini adalah salah satu wadah untuk pembinaan untuk usia muda di Indonesia. Itu juga merupakan salah satu dari visi tim Persita yaitu membantu menciptakan pemain sepak bola mulai dari akar rumput,” bukanya.

Mengenai caranya dia dalam menyeleksi pemain timnya untuk bisa bermain di Mola Elite Pro Academy, pelatih kelahiran Palembang itu mengatakan,

“Dalam menyeleksi pemain memang ada terkendala sedikit, kita di Persita sendiri memang waktu yang diberikan juga satu bulan itu tidak cukup untuk proses perekrutan atau seleksi. Persiapan kami sedikit, tidak seperti tim-tim yang lain, seperti Persib yang mungkin sudah satu tahun, PSIS Semarang, Persija Jakarta, dan Borneo FC sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti EPA tahun ini, dan juga karena ada Covid-19, jadi terhenti,” tuturnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved