Breaking News:

5 Truk Sampah Dibajak, Dinas LH Tangsel Hentikan Sementara Pembuangan Sampah ke TPA Cilowong

Hal tersebut dikarenakan adanya aksi pembajakan 5 truk pengangkut sampah dari Kota Tangsel oleh warga Kelurahan Cilowong

Penulis: Rizki Amana | Editor: Budi Sam Law Malau
5 Truk Sampah Dibajak, Dinas LH Tangsel Hentikan Sementara Pembuangan Sampah ke TPA Cilowong
Istimewa
Tangkapan layar video 5 Unit Truk Pengangkut Sampah Asal Tangsel Dibajak Warga Kecamatan Taktakan, Kota Serang

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG SELATAN -- Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Wismansyah mengaku pihaknya telah memberhentikan sementara operasional pembuangan sampah ke TPA Cilowong, Kota Serang. 

Hal tersebut dikarenakan adanya aksi pembajakan 5 truk pengangkut sampah dari Kota Tangsel oleh warga Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang pada Selasa 26 Oktober 2021.

"Untuk sementara kita pending dulu sampai ketemu titik temunya antara teman-teman di sana khususnya Dinas LH Kota Serang dan masyarakat yang tuntutannya belum dipenuhi," katanya saat ditemui di Kantor Dinas LH Kota Tangsel, Serpong, Rabu (27/10/2021).

Sementara itu, Wismansyah mengakui bahwa terdapat puluhan truk pengangkut yang beroperasi pada setiap harinya menuju TPA Cilowong. 

Kata ia hanya 5 unit truk pengangkut sampah yang sempat diberhentikan oleh warga untuk dialihkan lajunya ke Kantor Kelurahan Cilowong dan Kecamatan Taktakan. 

"Yang jelas tadi malam yang keluar dari TPA Cipeucang jalan ke TPA Cilowong ada 21 truk. Tapi ada yang belum sampai sana sudah balik kanan karena tau ada warga yang mencegat truk," ungkap Wismansyah. 

"Tadi malam kalau tidak salah ada 5 truk yang diberhentikan warga, ada juga beberapa truk yang sudah masuk ke TPA Cilowong jadi tidak sempat diberhentikan warga," sambungnya. 

Diketahui, Pemkot Tangsel menggaet Pemkot Serang untuk menanggulangi permasalahan lokasi tempat pembuangan akhir sampah (TPAS). 

Pasalnya saat ini TPA Cipeucang, Serpong, Kota Tangsel telah mencapai jumlah maksimalnya tak dapat lagi dijadikan lokasi pembuangan sampah. 

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda), Bambang Noertjahjo mengatakan nantinya ratusan ton sampah dari wilayah kerjanya bakal dibuang ke TPAS Cilowong, Kecamatan Tattakan, Kota Serang. 

"400 ton maksimal perhari, tapi kan tentatif tergantung produksi sampah perhari," kata Bambang saat ditemui di kawasan Puspiptek, Setu, Kota Tangsel, Kamis (28/1/2021).

Bambang menjelaskan kerjasama tersebut bakal terelasiasai pada perkiraan bulan Maret 2021 ini. 

Menurutnya saat ini kedua belah pihak sedang melakukan sejumlah materi terkait kerjasama tersebut. 

"Baru MoU ya baru mulai sekitar Maret atau April lah, tapi kan kita harus pendalaman segala macem sampai nanti perjanjian kerjasama yang penting cari polanya dulu," pungkasnya. (m23) 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved