Breaking News:

Mulai 13 November 2021, Kendaraan Tidak Lulus Uji Emisi di Jakarta Bakal Ditilang

Kendaraan yang tidak lulus uji emisi mulai 13 November 2021 mendatang bakal dikenakan sanksi tilang. 

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan pihaknya siap menerapkan aturan uji emisi bagi kendaraan di Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, KELAPAGADING - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan kendaraan yang tidak lulus uji emisi mulai 13 November 2021 mendatang bakal dikenakan sanksi tilang. 

“Saat ini Jakarta akan memberikan penegakan hukum terkait uji emisi kendaraan bermotor,” ujar Syafrin, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (26/10/2021). 

Penerapan sanksi tilang dilakukan sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dimana motor didenda maksimal Rp 250 ribu dan mobil sebesar Rp 500 ribu. 

“Sesuai UU seluruh kendaraan bermotor yang ada di jalan harus memenuhi ketentuan uji emisi,” ujar Syafrin. 

Baca juga: Dishub DKI Gandeng Elemen Masyarakat Bahas Penerapan Sanksi Tarif Parkir Uji Emisi di Tiga Lokasi

Nantinya untuk setiap kendaraan yang melintas di seluruh ruas jalan di DKI Jakarta wajib memenuhi standar emisi. Kebijakan itu berlaku juga terhadap kendaraan dari daerah yang melintas di Jakarta. 

“Seluruh kendaraan bermotor. Sehingga kita tidak membedakan apakah kendaraan tersebut dari Jakarta atau luar Jakarta,” sambung Syafrin. 

Syafrin menambahkan hal tersebut juga untuk mewujudkan program Langit Biru sesuai dengan apa yang digagas Pemprov DKI Jakarta demi menciptakan kualitas udara lebih di Ibu Kota.

Baca juga: Cukup Bayar Rp 55.000 Pelanggan Daihatsu Bisa Uji Emisi Drive Thru di Pluit, Hanya 1 Hari Lho!

“Agar tercipta program Langit Biru sesuai dengan visi Jakarta, maka dengan itu kendaraan pribadi yang didorong adalah emisi gas buangnya,” ujar Syafrin. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved