Breaking News:

Situs Milik Badan Siber dan Sandi Negara Diretas, Roy: Namanya Mentereng, Ironisnya Kena Hack

BSSN yang mestinya memproteksi semua instansi negara dari serangan siber justru menjadi korban hacker

Dok. BSSN
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melaksanakan simposium dalam rangka mendukung penyusunan kerangka regulasi literasi media dan literasi keamanan siber bertajuk ‘Strategi Keamanan Siber Nasional’ di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Senin (21/12/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), lembaga yang menangani serangan siber diduga justru menjadi korban peretasan. Situs resmi Pusat Malware Nasional (Pusmanas) BSSN yang beralamatkan di www.pusmanas.bssn.go.id dilaporkan sempat terkena deface yang diketahui di salah satu unggahan akun Twitter @son1x777.

Situs tersebut disebutkan diretas oleh theMx0nday pada Rabu (20/10/2021).

Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiawan mengakui situs Pusat Malware Nasional milik badan tersebut telah diretas hacker. Peretasan dilakukan pada halaman muka atau defacement.

Peretasan di situs BSSN ini juga menjadi perhatian Pakar Telematika Roy Suryo. Dalam cuitan di twitter yang dikirim ke Wartakotalive.com, Roy menyayangkan BSSN yang mestinya memproteksi semua instansi negara dari serangan siber justru menjadi korban hacker.

Baca juga: Situs Diretas ABG, Setkab Gandeng BSSN, BIN, dan Polri untuk Kuatkan Keamanan Website

Baca juga: BSSN Gelar Simposium Strategi Keamanan Siber Nasional

"Namamya memang mentereng, BSSN = "Badan Siber & Sandi Negara" yg Tupoksinya adalah memproteksi & memverifikasi Keamanan instansi2 Negara (dari segala Serangan Siber).
Ironisnya malah Kena Hack sendiri ? TERWELU, Padahal Anggarannya di th 2018 saja sudah Trilyunan, 2021 ? AMBYAR," kata Roy dalam cuitannya, Senin (25/10/2021).

Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiawan membenarkan peretasan tersebut. "Ya Benar (diretas)," katanya Senin.

Saat ini kata Anton, penanganan situs tersebut telah dilakukan oleh Tim CSIRT BSSN, dikarenakan situs tersebut berisi data-data mengenai repositori malware.

Saat ditanya soal pelaku, Anton mengatakan indikasi berasal dari Brasil. Namun dia menambahkan pihaknya sedang melakukan penelusuran lagi atas indikasi tersebut. Sebab menurutnya di ruang siber siapa saja bisa mengaku-ngaku.

Pada Senin pagi diketahui situs Pusat Malware Nasional bernama pusmanasbssn.go.id diserang hacker menggunakan teknik defacement berupa perubahan halaman muka.

Muncul tampilan bertuliskan "Hacked by theMxonday". Disebutkan aksi ini sebagai balasan terhadap hacker Indonesia yang telah meretas situs Brasil.

Selain itu hacker juga menampilkan pernyataan berupa hinaan dan betapa mudahnya aksi peretasan ini dilakukan.(bum)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved