Breaking News:

Sebanyak 1.644 Anak Kehilangan Ortu Akibat Covid-19, Pemkab Bekasi Carikan Orang Tua Asuh

Anak-anak korban Covid-19 ini makin meningkat pada Juni-Juli lalu tatkala Indonesia dilanda pandemi gelombang kedua. 

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Ichwan Chasani
istimewa
Ilustrasi - Santunan anak yatim. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIKARANG — Pandemi Covid-19, menyisakan duka bagi masyarakat, terutama anak-anak yang kehilangan orang tuanya akibat meninggal terpapar Covid-19.

Pemkab Bekasi pun menaruh perhatian khusus bagi anak-anak tersebut dengan mencanangkan program orang tua asuh.

Selain program orang tua asuh, pemerintah pun terus menyiapkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak. Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menegaskan, masa depan anak-anak korban Covid-19 ini menjadi hal utama yang harus mendapat perhatian serius. 

"Anak-anak yang menjadi korban karena orang tuanya wafat ini turut menjadi perhatian kami. Kami mengupayakan anggaran untuk membantu mereka dan juga menghubungi berbagai pihak untuk turut membantu. Kehidupan mereka harus berlanjut, termasuk masa depannya harus terjaga," kata Dani saat dikonfirmasi, Minggu (24/10/2021)

Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, tercatat sebanyak 1.644 anak menjadi yatim piatu karena orang tuanya wafat akibat Covid-19. Jumlah itu dihitung dari sejak kasus Covid-19 ditemukan tahun lalu hingga September 2021. 

Anak-anak korban covid-19 ini makin meningkat pada Juni-Juli lalu tatkala Indonesia dilanda pandemi gelombang kedua. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Endin Samsuddin mengatakan, pihaknya tengah berupaya memberikan bantuan kepada anak-anak itu. Selain dalam bentuk bantuan sosial, pihak juga tengah membuka komunikasi dengan berbagai pihak agar bersedia menjadi orang tua asuh. 

Sejauh ini sudah ada seorang anggota TNI yang bersedia menjadi orang tua asuh untuk tiga anak yatim piatu tersebut. Diharapkan, langkah itu diikuti pihak lainnya. 

"Kami membuka komunikasi dengan semua pihak, mudah-mudahan ada yang minat menjadi bapak angkat seperti yang terjadi di Setu, anggota TNI mengangkat tiga orang anak yatim piatu dan menyekolahkannya. Semoga ini bisa diikuti oleh yang lainnya," kata Endin.

Pandemi Covid-19, menyisakan duka bagi sebagian warga masyarakat di Kabupaten beaksi, terutama adalah anak-anak yan

Artikel ini telah tayang di Tribunbekasi.com dengan judul Tercatat 1.644 Anak di Kabupaten Bekasi Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19.

Sumber: Tribun bekasi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved