Breaking News:

Peran Penting Telekonsultasi Dokter di Masa Pandemi

Karenanya kebutuhan akan telekonsultasi melonjak di masa pandemi, seiring dengan PPKM yang masih berlangsung sampai saat ini.

Istimewa
CEO & Co-Founder Rey Evan Tanotogono 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dalam kebiasaan masyarakat. Diantaranya mengoptimalkan perangkat gawai untuk melancarkan aktivitas sehari-hari yang masih serba terbatas.

Termasuk dalam mendapatkan layanan kesehatan, seperti layanan konsultasi online dengan dokter (telekonsultasi). Karenanya kebutuhan akan telekonsultasi melonjak di masa pandemi, seiring dengan PPKM yang masih berlangsung sampai saat ini.

Sebab masih banyak masyarakat yang enggan mengakses langsung ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) demi menghindari penyebaran virus covid-19.

Padahal, fasyankes merupakan tempat yang sangat penting dalam mendapatkan penanganan medis dan obat untuk kesembuhan.

Baca juga: Rey, Cara Baru Berasuransi Dengan Ekosistem Teknologi dan Layanan Kesehatan

Baca juga: Bantu Wujudkan Herd Immunity, Sequis Kembali Gelar Vaksinasi Covid di Kota Medan

Prosedur tindakan medis saat pandemi pun menjadi lebih panjang dan tidak seleluasa dulu karena ada beberapa ketentuan.

Misalnya, harus tes swab PCR, Rontgen thorax, dan  prosedur medis lainnya sebelum dilakukan tindakan medis oleh dokter. Itu sebabnya, kehadiran aplikasi kesehatan untuk beberapa penyakit ringan dirasa sangat membantu.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta, dr Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD yang akrab disapa dokter Jeff mengatakan dokter dan para tenaga kesehatan telah menjadi garda terdepan dan kunci dalam penanganan covid-19. 

Namun, upaya para tenaga kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membantu penyembuhan kerap menghadapi kendala.

Baca juga: Angka Perokok Masih Tinggi, Pemerintah Disarankan Ubah Strategi Komunikasi Publik

"Diantaranya, penyebaran jumlah tenaga kesehatan yang tidak merata dan infrastruktur fasyankes yang tidak memadai, membuat sebagian masyarakat merasa semakin sulit mendapatkan pengobatan," katanya, Minggu (24/10/2021).

Ditambah lagi kata Jeff, masih banyak masyarakat yang tidak patuh pada protokol kesehatan sehingga permasalahan penularan Covid-19 tidak kunjung usai.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved