Breaking News:

Virus Corona

Begini Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Kepala Akibat Pemakaian Masker Terlalu Ketat

Dr Riana Nirmala Wijaya mengatakan, memakai masker terlalu ketat yang betul-betul menekan wajah dapat menimbulkan sakit kepala.

UC Berkeley News
Untuk mengatasi sakit kepala akibat pemakaian masker, dr Riana menyarankan untuk memijat beberapa bagian di wajah agar tidak terlalu tegang ketika masker sudah dibuka. Foto ilustrasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sejak wabah Covid-19 menyebar di seantero dunia, manusia diwajibkan memakai masker, terutama saat keluar rumah untuk menghindari tertular virus corona.

Mau tak mau kebiasaan baru memakai masker tersebut harus dijalani untuk mematuhi protokol kesehatan, namun harus memperhatikan tata cara pemakaian masker yang benar.

Karena memakai masker terlalu ketat yang betul-betul menekan wajah dapat menimbulkan sakit kepala, kata dr Riana Nirmala Wijaya, Country Medical Lead Bayer Consumer Health, Bayer Indonesia.

Nah, untuk mengatasi sakit kepala akibat pemakaian masker, dr Riana menyarankan untuk memijat beberapa bagian di wajah agar tidak terlalu tegang ketika masker sudah dibuka.

"Ada beberapa titik, seperti di bawah alis, daerah kelopak mata, samping mata, tulang rahang bawah naik ke telinga bisa dipijat," kata Riana dalam Kampanye Edukasi “Indonesia Bangkit Gak Pake Lama”, Sabtu (23/10/2021).

Jika diperlukan, pijat juga bagian leher bawah di dekat kelenjar getah bening serta bagian dahi depan.

Pijatlah dengan jempol dengan gerakan memutar yang ringan tanpa terlalu banyak tenaga.

Baca juga: VIDEO Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas dan Sakit Kepala Saat Ramadan

Baca juga: Sakit Kepala dan Pegal-pegalnya Teratasi dengan Nahala Goldy

"Pijat ringan saja dan jangan lupa bersihkan dulu tangan," katanya.

Bayer Indonesia berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang perawatan mandiri di adaptasi tatanan hidup baru melalui peluncuran kampanye edukasi masyarakat bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional ke 57.

Laksmi Prasvita, Head of Communications, Public Affairs, Science & Sustainability, Bayer Indonesia mengatakan, “Di divisi Consumer Health Bayer, kami mendorong perawatan diri mandiri yang bertanggung jawab dan memastikan bahwa konsumen kami memiliki akses ke solusi kesehatan sehari-hari yang memungkinkan mereka untuk hidup sehat dan hidup produktif."

Baca juga: Kenali 10 Kunci Gejala Covid-19 Salah Satunya Sakit Tenggorokan, Sakit Kepala, Hidung Mampet

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved