Breaking News:

Kompolnas: Polisi di Lapangan Ibarat Ikan di Akuarium, Semua Orang Bisa Lihat dan Amati Perilakunya

Sebagai bentuk kontrol dan pengawasan dari masyarakat, terkadang perilaku polisi kerap diabadikan untuk disebarluaskan di kalangan masyarakat luas.

Editor: Yaspen Martinus
Elshinta.com
Ketua Pelaksana Harian Kompolnas Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto mengibaratkan polisi di lapangan layaknya seekor ikan yang berenang di akuarium. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Ketua Pelaksana Harian Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto mengibaratkan polisi di lapangan layaknya seekor ikan yang berenang di akuarium.

Artinya, sikap dan tingkah laku polisi saat bertugas di lapangan, sangat mudah dilihat dan diamati oleh seluruh masyarakat.

"Dalam beberapa dialog media saya sering menyampaikan bahwa anggota Polri di lapangan itu ibarat ikan dalam akuarium."

Baca juga: Lili Pintauli Dilaporkan ke Dewas KPK Lagi, Kali Ini karena Diduga Berkomunikasi dengan Cabup Labura

"Semua orang bisa melihat dan mengamati perilakunya," kata Benny lewat pesan singkat kepada Tribunnews, Kamis (21/10/2021).

Bahkan, kata dia, sebagai bentuk kontrol dan pengawasan dari masyarakat, terkadang perilaku polisi kerap diabadikan untuk disebarluaskan di kalangan masyarakat luas.

Biasanya, momen yang diabadikan itu tercipta atas dua hal, yakni bentuk perilaku yang positif dari polisi dan bentuk negatifnya.

Baca juga: Kementerian Kesehatan: Gelombang Ketiga Pandemi Covid-19 Adalah Keniscayaan

"Kalau anggota melakukan tindakan yang baik dan terpuji, maka akan viral dengan komentar positif."

"Namun kalau perilakunya menyimpang dan tidak terpuji, maka hujatan yang dia terima, bahkan sanksi sudah menunggu," beber Benny.

Hal ini dia katakan, merujuk pada perilaku beberapa anggota kepolisian yang viral dan mendapatkan reaksi dari masyarakat beberapa hari belakangan.

Jangan Pakai Lama

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved