Breaking News:

Info PAM Jaya

Kesetaraan Kebutuhan Dasar Warga, Harga Air Bersih di Kepulauan Seribu Kini Sama dengan di Daratan

Per Agustus 2021 tarif air bersih PAM Jaya di Kepulauan Seribu sudah sama dengan di Jakarta untuk pemenuhan kebutuhan minimum.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Ichwan Chasani
Dok. PAM Jaya
Manajer Hubungan Eksternal PAM Jaya Linda Nurhandayani memberikan paparan saat sosialisasi tarif air baru di Kepulauan Seribu, Selasa (28/9/2021) lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNGPRIOK — Warga Kepulauan Seribu kini dapat bernafas lega setelah kebutuhan dasar terkait dengan air bersih juga mendapatkan hak yang sama seperti warga di daratan DKI Jakarta.

Manajer Hubungan Eksternal PAM Jaya Linda Nurhandayani mengatakan sejak bulan Agustus 2021 kemarin, warga tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk kebutuhan air bersih.

“Jadi per Agustus 2021 tarif di Kepulauan Seribu sudah sama dengan di Jakarta untuk pemenuhan kebutuhan minimumnya,” ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Hal itu bisa direalisasikan setelah keluar Pergub 57 Tahun 2021 tentang penyesuaian tarif otomatis air minum dimana per 2 Agustus 2021 biaya untuk pemakaian minimum air bersih di pulau yaitu 0-3 m3 sama dengan warga di daratan.

“Ini merupakan wujud kesetaraan dan keberpihakan yang ditunjukan oleh Pemprov DKI dalam memberikan hak kebutuhan dasar yakni air bagi warganya,” sambung Linda.

Sosialisasi tarif air baru di Kepulauan Seribu oleh jajaran manajemen PAM Jaya, Selasa (28/9/2021) lalu.
Sosialisasi tarif air baru di Kepulauan Seribu oleh jajaran manajemen PAM Jaya, Selasa (28/9/2021) lalu. (Dok. PAM Jaya)

Melalui Pergub 57, sekarang pemakaian minimum air di pulau untuk tarif terendah atau tarif sosial sebesar Rp 1.050. Kemudian untuk tarif rumah tangga sederhana Rp 3.550 dan rumah tangga menengah Rp 4.900.

Sementara itu untuk tarif paling tinggi artinya tarif usaha dan kantor-kantor swasta di Kepulauan Seribu harganya Rp 12.550.

“Artinya untuk pemenuhan kebutuhan dasar hak atas air warga Jakarta udah sama baik di pulau maupun di Jakarta,” tuturnya.

Hal ini berbeda dengan sebelumnya dimana tarif air yang diatur oleh Pergub 34 Tahun 2018 bahwa tarif paling rendah atau tarif sosial sebesar Rp 25 ribu per kubik.

“sebelumnya harga air dipulau masih cukup mahal, tarif untuk golongan sosial sebesar Rp 25 ribu, rumah tangga Rp. 32.000. Padahal itu sudah tarif subsidi,” ujar Linda.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved