Breaking News:

Berita Nasional

Kasus Covid-19 Kian Terkendali, Sandiaga Uno Segera Rumuskan Pembukaan Industri Pertunjukan & Event

Kasus Covid-19 Kian Terkendali, Sandiaga Uno Segera Rumuskan Pembukaan Kembali Event pada Pariwisata Era Baru. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno membuka event Sound of Borobudur di Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (24/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Industri pertunjukan dan event menjadi satu di antara sejumlah sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang terdampak langsung pandemi covid-19.

Bisnis seni pertunjukan pun mati suri imbas dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah.

Keresahan yang dialami para pelaku usaha industri pertunjukan dan event itu turut menjadi perhatian Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Terkait hal tersebut, Kemenparekraf diakuinya kini tengah mengkaji pembukaan kembali industri pertunjukan dan event.

Sehingga, para pelaku seni dan budaya dapat kembali berkreasi tanpa memicu resiko lonjakan kasus covid-19. 

"Industri pertunjukan dan event menjadi yang paling terdampak pandemi covid-19, karena itu kami terus mengkaji dan merumuskan kebijakan yang paling tepat untuk mendorong terselenggaranya kembali kegiatan," ungkapnya pada Kamis (21/10/2021).  

Baca juga: ICAD Kembali Digelar, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin : Hidupkan Kembali Kawasan Kemang

Namun, Sandiaga Uno menekankan pentingnya adaptasi, inovasi dan kolaborasi dalam membangkitkan kembali sektor parekraf dalam pariwisata era baru.

Inovasi tersebut meliputi penggunaan aplikasi Peduli Lindungi, sertifikasi CHSE hingga penerapan kegiatan berbasis hibrid, sehingga covid-19 tetap terkendali. 

"Pandemi covid-19 memaksa kita untuk terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Di sinilah peran semua pihak dibutuhkan, agar kasus covid-19 dapat tetap dikendalikan," jelas Sandiaga Uno.

"Sebab, kunci pemulihan sektor parekraf dimulai dari penanganan kesehatan, menjaga protokol kesehatan dan vaksinasi yang terus kita genjot," ujarnya.

Baca juga: Teladani Sifat Nabi Muhammad, Sandiaga Uno Yakini Para Santri Jadi Pengusaha Sukses Berakhlak Mulia

Sandiaga Uno pun mengapreasi Komisi X DPR RI yang menampung aspirasi Asosiasi Industri Event se-Indonesia dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Komplek Parlemen Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Selasa (19/10/2021).

Dirinya mengaku akan menindaklanjuti permintaan para pelaku industri pertunjukan dan event yang berharap agar pemerintah dapat segera memberikan restu terkait penyelenggaraan kegiatan.

"Kita berharap lewat pembukaan kembali Industri pertunjukan dan event dapat kembali menggairahkan ekonomi rakyat, membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat," ungkap Sandiaga Uno.

"Kami akan hadirkan kebijakan yang berpihak untuk membangkitkan kembali ekonomi bangsa," jelasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved