Breaking News:

Pungli

Uang Tambahan Jadi Motif Pelaku Pungli di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok yang Viral di Sosmed

Kehidupan yang serba sulit memaksa para pemuda di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok memeras para sopir angkut. Mereka ingin dapat uang tambahan.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Sang Ngurah Wiratama mengatakan pemeras sopir angkut di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok kepepet uang sehingga memalak. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Seorang pria berinisial R ditangkap setelah video aksi pungutan liar (pungli) yang disebut terjadi di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara viral di media sosial. 

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok AKP Sang Ngurah Wiratama mengatakan yang bersangkutan melakukan aksinya itu dikarenakan dorongan faktor ekonomi.

Baca juga: Yankjay Nugraha Rilis Lagu Daydreams, Biasa Bantu Padi Reborn, Isyana Sarasvati dan Armand Maulana

“Motifnya hanya mencari uang tambahan,” ucap Wiratama, di Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (21/10/2021). 

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, diketahui bahwa yang bersangkutan tercatat sebagai salah satu karyawan outsourcing atau alih daya yang bertugas sebagai operator crane atau tango. 

“Yang bersangkutan sudah bulan ini aja beraksi,” sambung Wiratama. 

Wiratama menambahkan bahwa pelaku sejauh ini diketahui sendirian dalam menjalankan aksinya memungut pungli dari para sopir truk trailer. 

“Totalnya yang bermain satu orang dan masih kita kembangkan,” ungkapnya.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 368 KUHP tentang pemerasan atau pungutan liar di mana yang bersangkutan terancam hukuman sembilan tahun pidana penjara. 

Baca juga: Seorang Pekerja Proyek LRT Diperkirakan Jatuh dari Ketinggian Sekitar 10 Meter Saat Sedang Bekerja

Sebelumnya, sebuah video pungutan liar (pungli) yang terjadi di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara viral di media sosial. 

Dalam video yang disebut terjadi pada Selasa (19/10/2021) itu tampak seorang pria mendatangi sopir truk dan diduga meminta sejumlah uang. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved