Breaking News:

Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

Ali Zamroni: Perpustakaan Harus Bisa Dimaksimalkan Masyarakat Agar Tidak Jadi Menara Gading 

Perpusnas menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil perpustakaan keliling dan Pojok Baca Digital (Pocadi) bagi peningkatan budaya baca dan literasi

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Umar Widodo
Istimewa
Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyerahkan bantuan satu unit mobil Perpustakaan Keliling dan Pojok Baca Digital (Pocadi) bagi peningkatan budaya baca dan literasi masyarakat Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (21/10/2021). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ign Agung Nugroho

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Guna mendukung cita-cita perpustakaan mewujudkan kesejahteraan masyarakat lewat literasi, maka perpustakaan harus menjadi ruang ide gagasan, kreativitas dan inovasi, serta wisata dan edukasi. 

Hal itu disampaikan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Serang, Agus Lukman Hakim, pada talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Kabupaten Pandeglang, Banten yang berlangsung secara hybrid (offline-online), Kamis (21/10/2021).

Menurutnya, harapan cita-cita tersebut akan lebih dicapai jika ada kesamaan persepsi dan sinergi dari semua pihak, mulai dari legislatif, eksekutif, dan akademisi. 

"Sinergi seluruh perpustakaan dan berbagai sektor sangat penting," kata Agus Lukman.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Deni Kurniadi mengatakan, langkah sinergi sejauh ini telah dijalani Perpusnas dengan berkolaborasi bersama 495 dinas perpustakaan di seluruh Indonesia.

 
Hal itu pun diamini Bupati Pandeglang Irma Narulita. Menurutnya, kegiatan PILM ini merupakan bentuk sinergi yang baik, karena diharapkan mampu memantik kesadaran semua pihak dalam mengembangkan perpustakaan di Kabupaten Pandeglang. 

“Pemerintah Pandeglang butuh pihak legislatif, eksekutif, akademisi, dan dukungan dari seluruh pihak untuk meningkatkan tingkat kegemaran membaca dan literasi masyarakat," kata Irma. 

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai kabupaten yang berada di wilayah provinsi paling barat di Pulau Jawa, Kabupaten Pandeglang memiliki cita-cita masyarakat yang berbudaya baca aktif melalui pemanfaatan perpustakaan. 

Sedangkan Ali Zamroni,  anggota Komisi X DPR RI menyampaikan pendapatnya bahwa keberadaan perpustakaan harus benar-benar dimaksimalkan oleh masyarakat sehingga tidak menjadi menara gading.

"Perpustakaan bukan sekedar meningkatkan kecerdasan tetapi sudah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," kata Ali Zamroni.

Pada kesempatan yang sama, Perpusnas menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil perpustakaan keliling dan Pojok Baca Digital (Pocadi) bagi peningkatan budaya baca dan literasi masyarakat Kabupaten Pandeglang. (ign).

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved