Breaking News:

Pencemaran Kali Bekasi

Pepen Ingin Pemprov Jawa Barat Turun Tangan Atasi Pencemaran Kali Bekasi

WaliKota Bekasi Rahmat Effendi menaruh harapan besar pada Pemprov Jawa Barat untuk membantu mengatasi pencemaran Kali Bekasi.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Joko Supriyanto
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, berharap Pemprov Jawa Barat turun tangan mengatasi pencemaran Kali Bekasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Wali Kota Rahmat Effendi mengatakan kondisi pencemaran limbah Kali Bekasi yang kerap kali terulang, diakui memang menjadi permasalahan yang harus diselesaikan dari semua unsur pemerintahan lintas daerah.

Sebab, diakui oleh Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi jika Pemerintah Kota Bekasi memiliki keterbatasan kewenangan terkait penyelesaian masalah tersebut, sebab temuan masalahnya bukan dari wilayah Kota Bekasi.

Baca juga: Viani Limardi Optimistis Tindakan Zalim PSI Terungkap di Persidangan

Pepen menyebut, sumber aktivitas pembuangan limbah ada di hulu Kali Bekasi wilayah Kabupaten Bogor. Atas hal itulah membuat Pemerintah Kota Bekasi terkendala kewenangan.

"Kalau kalinya cuma sampai di perbatasan Bekasi, kita bisa menyelesaikan, kalinya ini kan ke Bogor, ke atas(hulu) kita nggak bisa masuk kesana," kata Rahmat Effendi, Rabu (20/10/2021)

Terkait permasalahan pencemaran limbah di Kali Bekasi, sejauh ini Pemerintah Kota Bekasi sebetulnya, sudah melakukan koordinasi baik ke Pemerintah Kabupaten Bogor, serta ke Kementerian Lingkungan Hidup agar membantu menyelesaikan masalah pencemaran Kali Bekasi.

Baca juga: Ariza Apresiasi Kinerja Petugas UPK Badan Air Bersihkan Selokan dalam Waktu Tiga Jam

Bahkan, Kementerian Lingkungan Hidup telah melakukan upaya tindakan tegas ke sejumlah perusahaan pembuang limbah tetapi belum dapat menghentikan pencemaran yang terjadi.

"Koordinasi sudah kerjasama, bahkan kita juga minta ke Kementerian Lingkungan Hidup waktu itu ada 6 yang sedang dalam proses tidak ditindaklanjuti, kan kewenangan itu oleh pusat," kata Pepen.

Mengingat kondisi permasalahan ini tidak bisa diselesaikan okeh Pemerintah Kota Bekasi, maka Pepen pun juga meminta Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat turun tangan untuk membantu penyelesaian masalah pencemaran Kali Bekasi.

Baca juga: Terima Berkas Perkara Penganiayaan M Kece oleh Irjen Napoleon, Jaksa Butuh 7 Hari untuk Meneliti

Sebab, Kali Bekasi membentang bukan hanya di Wilayah Kota Bekasi. Sungai alam tersebut memiliki hulu di Sungai Cileungsi dan Cikeas lalu mengalir di hilir melalui Kabupaten Bekasi.

"Desakan yang pertama adalah ini dua pemkot dengan Kabupaten Bogor, melaksanakan pengawasan pengendalian bersama, nah dipayungi oleh Dinas Lingkungan Hidup Jawa barat, karena ini dalam satu daerah regional," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved