Breaking News:

Info BPJS Kesehatan

Merasa Tenang di Usia Senja, Meme Andalkan Program JKN-KIS

Pensiunan PNS ini merasa bersyukur terdaftar sebagai peserta JKN-KIS karena seluruh pengobatannya dapat dijamin.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. BPJS Kesehatan
Meme (75), warga Kampung Ngasuh Kecamatan Jasinga yang mengandalkan JKN-KIS dalam melakukan pengobatan di RSUD Leuwiliang. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG — Demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, Pemerintah hadir di tengah masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kehadiran Program JKN-KIS yang mau memasuki usia sewindu ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.

Termasuk Meme (75) warga Kampung Ngasuh Kecamatan Jasinga yang mengandalkan JKN-KIS dalam melakukan pengobatan di RSUD Leuwiliang.

Memasuki usia yang sudah tergolong senja, Meme seorang Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengeluhkan berbagai penyakit di tubuhnya.

Ia terdaftar pada segmen Pensiunan PNS dengan hak rawat inap di kelas 2 (dua), pembayaran iuran dilakukan otomatis dari hak setiap bulan yang diterima sebagai pensiunan PNS.

“Di usia lanjut seperti saya sudah banyak keluhan salah satunya asma yang sudah lama diderita. Sudah 3 tahun terakhir ini saya rutin kontrol penyakit dalam seperti jantung, selain itu ada riwayat diabetes juga. Selama kontrol, gak ada biaya pribadi yang dikeluarkan karena semua dijamin oleh Program JKN-KIS. Rasanya gak bisa kalau mengandalkan uang pensiunan untuk berobat apa lagi pengobatan jangka panjang seperti saya,” ujar Meme, baru-baru ini.

Meme menceritakan pengalamannya saat dirawat di RSUD Leuwiliang selama seminggu karena penyakit yang diderita.

Ia merasa bersyukur terdaftar sebagai peserta JKN-KIS karena seluruh pengobatannya dapat dijamin. Selain rutin kontrol penyakit dalam, ia juga masih rutin konsumsi obat-obatan yang tentunya ia dapat sesuai resep dokter secara gratis karena terdaftar sebagai pasien JKN-KIS.

“Fasilitas kesehatan saya terdaftar di Puskesmas Jasinga, setiap mau berobat, ada rujukan sampai ambil obat di sini. Berdasarkan pengalaman saya gak ada pelayanan yang dipersulit, saya ikuti sesuai prosedur. Saya pernah juga keadaan darurat langsung ke IGD rumah sakit dan mendapat pelayanan dengan baik juga,” tambah Meme.

Komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan prima bagi pesertanya dirasakan oleh Meme. Sebagai peserta yang sudah terdaftar sejak lama merasakan bagaimana pelayanan Program JKN-KIS terus membaik.

Ia pun berterima kasih kepada Pemerintah karena dengan adanya Program JKN-KIS masyarakat tidak khawatir dengan biaya pengobatan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved