Breaking News:

Kepemimpinan Jokowi

Fungsionaris Partai Golkar Soroti Kepemimpinan Jokowi di Bidang Demokrasi yang Fluktuatif

Wakil Ketua Umum Partao Golkar Ahmad Doli Kurnia menyoroti kinerja Presiden Joko Widodo yang lumayan bagus, tapi indeks demokrasi fluktuatif.

Editor: Valentino Verry
Kompas TV
Partai Golkar melakukan pemantauan atas kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang dianggap cukup bagus, untuk sektor demokrasi yang cenderung tak stabil. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menilai kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dua tahun ini tak stabil.

Untjk beberapa sektor memang dianggap sukses, tapi ada sektor justru kerap bergolak.

Menurut Doli, Indonesia menjadi salah satu negara yang dinilai cukup berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, tak demikian di bidang demokrasi.

"Kita termasuk negara yang tidak terjadi namanya peristiwa yang begitu ekstrem yang ketika beberapa negara lain itu tiba-tiba melonjak dan tidak terkendali. Alhamdullilah Indonesia negara yang dinilai berhasil untuk mengendalikan itu," kata Doli kepada wartawan di DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Minta Setiap Daerah Fokus Produk Unggulan, Jokowi: Jangan Semuanya Dikerjain, Kita Ini Senang Latah

Dia memahami bahwa selama dua tahun ini masa pemerintahan sedang kesulitan, tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Soal indeks demokrasi, Ketua Komisi II DPR RI itu menilai hal tersebut cenderung fluktuatif.

"Misalnya dampak dari pandemi dari naik turunnya indeks demokrasi, saya kira itu juga akan sangat berpengaruh," katanya.

Doli memberi contoh bagaimana Pilkada 2020 mengundang pro kontra karena tetap dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19.

"Saat itu pemerintah larut dan tidak punya tidak bisa mengambil keputusan cepat bahwa jika Pilkada 2020 tidak dilaksanakan, saya yakin indeks 2021 pasti turun, tapi waktu itu alhamdullilah pemerintah bersikeras, walaupun KPU dan Bawaslu ragu-ragu Pilkada dilaksanakan," katanya.

"Takutnya menimbulkan klaster baru tapi alhamdullilah kita negara yang sukses menyelenggarakan pemilu di tengah atau di awal pandemi," tambah Doli.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved