Breaking News:

Berita Video

VIDEO BNN Bakar Ratusan Kilo Sabu Hingga Bahan Tembakau Gorila

Petrus Reinhard Golose, penemuan ratusan kilogram narkotika itu merupakan hasil kerja sama antara BNN dengan sejumlah lembaga seperti Bea Cukai

WARTAKOTALIVE.COM, KRAMAT JATI - Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali melakukan pemusnahan ratusan kilogram barang bukti narkotika di Lapangan Parkir Kantor BNN, Cawang pada Selasa (19/10/2021), siang. 

Adapun jumlah barang bukti narkotika yang akan dimusnahkan berupa narkotika jenis shabu sebanyak 465.005,217 gram. Ganja seberat 113.710 gram, MDMB 4en Pinaca bahan baku tembakau gorilla seberat 1001,7 gram.

Menurut Kepala BNN RI, Petrus Reinhard Golose, penemuan ratusan kilogram narkotika itu merupakan hasil kerja sama antara BNN dengan sejumlah lembaga seperti Bea Cukai, Direktorat Jenderal Perhubungan, Direktorat Narkotika Mabel Polri dan  Kejaksaan. 

Golose menambahkan, sewaktu tim BNN melaksanakan operasi di wilayah perbatasan dengan Malaysia, barang haram tersebut sudah masuk ke wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan masuk ke wilayah timur seperti Nusa Tenggara Barat. 

"Berarti kalau kita lihat, disamping kita sudah melakukan operasi, ada juga yang lolos sehingga kita perlu melakukan operasi lain dengan bekerja sama dengan BNN Provinsi," kata Golose kepada awak media di Lapangan Parkir Kantor BNN, Cawang pada Selasa (19/10/2021), siang. 

Masih menurut Golose, harga jual narkotika akan makin mahal apabila di jual di wilayah timur Indonesia. "Satu kilo ini variatif, semakin ke timur semakin mahal. Di wilayah timur ini lebih dari Rp 3 juta per gram, berarti Rp 3 miliar itu 1 kilo. Kemudian di Bali sekitar Rp 1,6 juta per gram berarti  Rp 1,6 milliar per 1 kilo kilogram. Jakarta sekitar Rp 1,5 juta per gram, variatif," ungkap Golose. 

Pada kesempatan tersebut, Golose menyebut bahwa tanaman Ganja merupakan pintu masuk untuk orang menggunakan jenis narkotika lain. Selama tahun 2021, kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika sudah dilakukan oleh BNN sebanyak delapan kali. "Kumandangkan 'War on Drug', perang terhadap narkoba," pungkas Golose. (M29).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved