Berita Nasional

Pulihkan Sektor Pariwisata, Belitung Sprint Triathlon 2021 Siap Digelar Awal Desember

Belitung Sprint Triathlon 2021 pada 4 Desember 2021 di Tanjung Tinggi, Belitung dengan tujuan untuk memulihkan sektor pariwisata

Editor: Feryanto Hadi
Ist
Jumpa pers Belitung Sprint Triathlon 2021 di Hotel Lorin, Belitung. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Pemerintah Kabupaten Belitung dan KONI Kabupaten Belitung akan menggelar Belitung  Sprint Triathlon 2021 pada 4 Desember 2021 di Tanjung Tinggi, Belitung.

Kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan kembali gairah pariwisata setelah sekian lama Indonesia dihantam badai pandemi.

Terlebih, kawasan Belitung selama ini menjadi destinasi favorit bagi pelancong, baik domestik maupun mancanegara.

Belitung sebelumnya dikenal luas setelah Andrea Hirata mengangkatnya dalam Novel Laskar Pelangi, diikuti pembuatan film dengan judul yang sama.

Baca juga: Lewat Kolaborasi, Sandi Jadikan Hutan Kemasyarakatan Sebagai Pariwisata Unggulan Kep Bangka Belitung

Sejak saat itu, jumlah pelancong ke Belitung meningkat drastis.

Potensi pariwisata tersibak dan menjadi daya tarik bagi orang-orang untuk berlibur ke kawasan itu.

Memang tidak mengada-ada pesona Belitung, mulai dari pantainya yang membiru dan batu-batuannya yang seakan membawa kita ke era ‘Smurf dan Obelix.’

Ketua KONI Kabupaten Belitung,Amin Nurrachman, mengungkapkan, selain lewat wisata, mempromosikan Belitung juga melalui olahraga yaitu triathlon yang terdiri dari lomba sepeda, renang dan lari.

"Peserta akan melakukan tiga cabang olahraga yakni renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berurutan," ungkap Amin melalui pesan tertulisnya, Senin (18/10/2021)

Baca juga: Sandiaga Sebut Proyek Ekowisata Alam Eiger Adventure Land Megamendung Kebanggaan Indonesia

Peserta akan menempuh jarah 750 meter dalam olahraga renang, menempuh jarak 20 kilometer untuk sepeda, dan terakhir lari yang akan ditempuh sepanjang 5 kilometer.

"Pariwisata yang dikemas dalam beragam bentuk kegiatan akan meningkatkan Produk Domestik Bruto," kata dia.

Amin berharap, dengan Belitung  Sprint Triathlon  2021 akan memberikan gairah baru bagi dunia pariwisata dan olahraga.

Baca juga: Hore, Destinasi Wisata Lebak Wangi Kembali Dibuka, Berikut Harapan Warga Desa Pamegarsari

"Pandemi mengajarkan kita untuk menemukan semangat baru, memulihkan kembali kekuatan keunikan perekonomian masing-masing wilayah yang tersebar di Nusantara, dan memulihkan niat untuk kembali membangun fondasi ekonomi-ekonomi lokal yang selama pandemi tergerus dan tergusur," harap Amin

Sementara itu, Husni Kamil dari Teratas.id selaku Race Director  Belitung  Sprint Triathlon  2021 menyebutkan, Belitung Sprint Triathlon 2021 diselenggarakan secara hybrid, yaitu melakukan langsung di Belitung dan secara virtual. 

“Kami menyiapkan event ini secara teknis maupun non teknis bagi para peserta agar merasa aman dan nyaman, terutama soal prokes. Mengigat pandemi belum berakhir dan untuk keamanan bersama,” ungkap Husni Kamil.

Baca juga: Satgas Covid-19: Pembukaan Wisata Bagi Turis Asing Dilakukan dengan Prinsip Kehati-hatian

Event Belitung Sprint Triathlon 2021, yang waktu pelaksanaannya di bulan akhir tahun ini didukung oleh Teratas.id, Suunto, IKA Unpad Belitung, Hotel Lorin, IHGMA, dan Yayasan Genus Mandiri.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved