Breaking News:

Kartu Tanda Pemilik Kuda dan Kartu Kusir Resmi Diluncurkan

Peluncuran kartu itu bertujuan untuk mengawasi standar penggunaan kuda pekerja yang sesuai aspek kesejahteraan hewan. 

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Budi Sam Law Malau
Istimewa
Kartu tanda pemilik kuda dan kartu kusir kuda pekerja diluncurkan di Kandang Kuda Delman Pesanggrahan, Jalan Palem VIII Gang Kubur, Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (18/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kartu tanda pemilik kuda dan kartu kusir kuda pekerja, resmi diluncurkan di Kandang Kuda Delman Pesanggrahan, di Jalan Palem VIII, Gang Kubur, Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (18/10/2021).

Kartu tersebut dikeluarkan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan dan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan yang berkolaborasi dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

Peluncuran kartu itu bertujuan untuk mengawasi standar penggunaan kuda pekerja yang sesuai aspek kesejahteraan hewan. 

Selain itu, dengan memiliki kartu ini semua kusir dan kuda dapat memperoleh fasilitas gratis dari program Peduli Kuda Pekerja.

Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin, yang hadir dalam acara tersebut menuturkan, kusir dan pemilik kuda di Ibu Kota dalam masa pandemi ini sangat terdampak. 

“Seekor kuda beroperasi jika tempat wisata dibuka atau saat ada hajatan,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).

“Mudah-mudahan sudah ada perbaikan di masa Covid, karena dalam waktu dekat bisa beroperasi kembali," tambah Munjirin.

Selain itu, ia mengatakan hewan, terutama kuda, juga perlu dipikirikan kesehatannya agar mampu membantu kusir mencari nafkah di Jakarta.

"Kalau kuda dipaksakan memuat muatan berlebih, atau dipaksa bekerja 24 jam, kuda akan merintih, dan kita harus ada empati," katanya. (M31)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved