Breaking News:

Berita Nasional

Sempurnakan Destinasi Wisata, Toilet Bersih Dinilai Sandiaga Uno Wujud Nyata Pemulihan Pariwisata

Sempurnakan Daya Tarik Destinasi Wisata, Toilet Bersih Dinilai Sandiaga Uno Wujud Nyata Pemulihan Sektor Parekraf

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah, Gendogo, Balesari, Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (17/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, MALANG - Revitalisasi toilet bersih menjadi salah satu prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dalam percepatan pemulihan sektor parekraf pasca pandemi covid-19. 

Kehadiran toilet bersih dan ramah disabilitas pun dinilai mampu menyempurnakan daya tarik sebuah destinasi wisata. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika menghadiri peresmian revitalisasi toilet di Lembah Indah, Gendogo, Balesari, Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (17/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengaku tersentuh dengan hadirnya toilet bersih dan ramah disabilitas di destinasi wisata Lembah Indah. 

Program yang telah dijalankan Kemenparekraf bersama para relawan Satgas Toilet Indonesia, khususnya Satgas Keeping Jatim Bisa sejak awal tahun 2021 itu akhirnya rampung.

"Hari ini saya sangat bahagia-tersentuh, kehadiran toilet ini turut serta dalam pemulihan pariwisata. Oleh karena itu pemerintah melalui Kemenparekraf RI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menghadirkan satu kolaborasi apik ini," ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Hadirkan Smart Tourism Destination, Museum Diyakini Sandiaga Uno Mampu Bangkitkan Parekraf Nasional

Baca juga: Buka Peluang Usaha & Lapangan Kerja di Tengah Pandemi, Sandiaga Uno Tekankan 4 As Bagi Pelaku Usaha

"Mudah-mudahan kita bisa bangkit di saat sulit, salam satu jiwa," ujarnya bersemangat. 

Kehadiran toilet bersih lanjutnya menyempurnakan indahnya pemandangan alam Lembah Indah.

Keindahan alam yang menurutnya berkelas dunia dan setara dengan destinasi wisata unggulan, seperti Bali, Danau Toba, Mandalika, Likupang, Labuhan Bajo, dan Borobudur. 

"Jadi tidak usah jauh-jauh, berwisata cukup ke Lembah Indah Malang," imbuhnya berpromosi.

Baca juga: Bangun Travel Pattern Borobudur-Liyangan, Sandiaga Uno Titip Beras Sehat untuk Sejahterakan Petani

Baca juga: Ciptakan Peluang Usaha & Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Tingkatkan Jaringan Internet di Pangandaran

Tak hanya desain yang cantik serta sejumlah fasilitas toilet yang ramah disabilitas, Sandiaga Uno turut mengapresiasi revitalisasi toilet yang tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang. 

Dana pembangunan justru berasal dari donasi pihak swasta yang dikelola oleh Satgas Keeping Jatim Bisa. 

"Ini saya apresiasi, karena kebersihan adalah sebagian dari iman dan toilet yang bersih adalah yang terpenting. Boleh kita mendapatkan pemandangan dan kenangan yang sangat indah, tapi begitu saat kita mau menggunakan toilet, lalu toilet tidak bersih maka kenangan itu akan sirna," ungkap Sandiaga Uno.

"Jadi ini yang dilakukan Pak Firman betul-betul memberikan semangat dan motivasi untuk kita. Terima kasih untuk teman-teman Satgas Toilet Indonesia," ujarnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved