Breaking News:

Sandiaga Sebut Proyek Ekowisata Alam Eiger Adventure Land Megamendung Kebanggaan Indonesia

Sandiaga menambahkan proyek ini menjadi kebanggaan buat Indonesia dan sekaligus sebagai persembahan kita untuk dunia.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Agus Himawan
wartakotalive.com/Hironius Rama
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) meresmikan pembangunan Ekowisata Alam Eiger Adventure Land di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Ahad (17/10/2021). 

WARTAKOTALIVECOM, BOGOR -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) meresmikan pembangunan Ekowisata Alam Eiger Adventure Land di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung,Minggu (17/10/2021).

Ekowisata alam yang berstandar internasional ini dibangun oleh PT. Eigerindo Multi Produk Industri. Di kawasan tersebut juga akan dibangun iconic landmark berupa jembatan gantung terpanjang di dunia.

Sandiaga mengatakan investasi yang terbilang paling spektakuler di tengah-tengah pandemi ini menunjukkan kecintaan kepada tanah air. “Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya," ungkapnya.

Dia berharap apa yang dilakukan hari ini dapat mendorong agar ekonomi kreatif dan pariwisata segera bangkit, serta lapangan kerja segera terbuka. "Eko-Wisata Alam Eiger Adventure Land akan melibatkan banyak sekali tenaga kerja,” ungkap Sandiaga.

Sandiaga menambahkan proyek ini menjadi kebanggaan buat Indonesia dan sekaligus sebagai persembahan kita untuk dunia.

Baca juga: Bupati Ingatkan Pengembangan Pariwisata di Kepulauan Seribu Harus Sesuai Tata Ruang

"Kita melihat ini akan menjadi epicentrum ecotourism dunia. Ini juga akan memberikan komitmen kepada pelestarian lingkungan dan memberi dampak positif pada ekonomi lokal, terutama di Kabupaten Bogor," paparnya.

Usai melaksanakan peletakan batu pertama, selanjutnya dilaksanakan penanaman pohon dan bakti sosial berupa vaksinasi dan pemberian bantuan kebutuhan pokok untuk masyarakat sekitar.

Sementara CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri Ronny Lukito menjelaskan pihaknya memegang  Izin  Usaha  Penyediaan  Sarana  Wisata  Alam  (IUPSWA)  di  Zona  Pemanfaatan  Barubolang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan memiliki Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PTPN VIII.

"Kami akan melakukan pembangunan project eko-wisata alam yang dinamakan Eiger Adventure Land seluas 326 ha di Desa Sukagalih Kecamatan Megamendung dengan nilai investasi sebesar Rp 800 miliar selama lima tahun," kata Ronny, Minggu (17/10/2021).

Eiger Adventure Land adalah ekowisata alam berstandar internasional yang bertujuan untuk berkontribusi dalam konservasi alam.

"Kami mendukung pelestarian budaya, meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan daya tarik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan mendorong percepatan ekonomi daerah,” ujarnya.

Baca juga: Pariwisata di Kepulauan Seribu akan Dibuka, Lima Pulau Berpenduduk Dipasangi QR Code PeduliLindungi

Salah satu iconic landmark yang akan dibangun adalah cable car sepanjang 863 meter dan jembatan gantung atau suspended bridge terpanjang di dunia sepanjang 530 meter.

"Dengan doa dan dukungan dari pemerintah, besar harapan kami Eiger Adventure Land dapat menjadi salah satu objek wisata yang membanggakan untuk bangsa Indonesia," tutur Ronny.

Turut mendampingi Sandiaga Uno, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI Anto Mukti Putranto, dan Panglima Komando Daerah Militer III Siliwangi  Mayor Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Selain itu, hadir Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen. Pol. Ahmad Dofiri, Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya, Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Bogor AKBP Harun, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Inf Sukur Hermanto.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved