Breaking News:

PON XX Papua

Billy Sugara Judoka Jabar Peraih Medali Emas Kelas +100 Kg Tiga Kali PON Berturut-turut

Diungkapkan Billy, emas yang diraih dirinya dan juga Istrinya lifter angkat berat kelas 63 kg, membuat dirinya sangat bangga akan hasil yang ia raih

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Umar Widodo
PB PON XX PAPUA/Rommy Pujianto
Judoka asal Bekasi yang mewakili kontingen Jawa Barat, Billy Sugara (29) bertanding di kelas +100 kg dan merebut medali emas hatrik dari PON Riau 2012, PON Jabar 2016 dan PON Papua 2021 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Billy Sugara (29) tak menyangka jika berhasil membawa pulang mendali emas di Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 melalui cabang olahraga Judo kelas +100 kg. Sebab ia mengakui lawan-lawan yang dihadapi sangat berat.

Dengan membawa pulang emas, tentu Billy menjadi salah satu penyumbang emas untuk Jawa Barat yang akhirnya berhasil meraih juara umum di PON XX Papua 2021.

Yang mengejutkan lagi, Istrinya, Siti Heroni juga turut serta menyumbangkan emas untuk Jawa Barat.

Diungkapkan Billy, emas yang diraih dirinya dan juga Istrinya lifter angkat berat kelas 63 kg, membuat dirinya sangat bangga akan hasil yang ia raih itu dan bisa mengharumkan Jawa Barat.

"Tentunya saya sangat bersyukur saya dan istri saya bisa meraih emas untuk Jawa Barat. Meskipun kami berbeda cabang olahraga mewakili Jabar," kata Billy Sugara, Minggu (17/10/2021).

Diakui Billy saat ini istrinya masih berada di Papua dan menjadi kloter terakhir yang akan pulang dari Papua ke Jawa Barat.

Pejudo Jawa Barat Billy Sugara (biru) bertanding melawan pejudo Papua Barat Frangkling Kakalang (putih) pada final kelas +100kg Judo PON XX Papua di GSG Eme Neme Yaware, Mimika, Jumat (1/10/2021).
Pejudo Jawa Barat Billy Sugara (biru) bertanding melawan pejudo Papua Barat Frangkling Kakalang (putih) pada final kelas +100kg Judo PON XX Papua di GSG Eme Neme Yaware, Mimika, Jumat (1/10/2021). (PB PON XX PAPUA/Rommy Pujianto)

Billy menceritakan jika dalam cabang olahraga Judo apapun bisa terjadi yang terpenting adalah persiapan yang matang untuk dapat mendapatkan emas.

"Ya kalau bela diri apapun bisa terjadi ya kita enggak bisa prediksi apakah kita di atas awan atau gimana, cuma ya saya dengan persiapan yang matang saya percaya bisa membawa emas," katanya.

Bertanding di babak semifinal cabor Judo PON XX Papua melawan Judoka Bali, merupakan pertandingan yang cukup berat dan segit.

Apalagi rekam jejak lawannya itu merupakan pemegang medali emas SEA Games Filipina 2019  lalu.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved