Breaking News:

KSBB

Kowantara Pastikan Warteg Yang Didatangi Anies dan Diserbu Warga di Jaktim Sudah Dibayar

Nawawi mengatakan pemilik Warteg Family di Jalan Penggalang, Matraman, Jakarta Timur, tidak merugi

Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Selama pandemi Covid-10 berlangsung, ekonomi mandek, usaha pun sulit. Seorang pemilik warteg di Bekasi ini mengaku omzetnya anjlok 50 persen selama pandemi Covid-19 berkepanjangan terjadi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) membantah kabar 'Warteg Family' merugi karena didatangi oleh Gubernur DKI Anies Bawedan dan ikut dalam giat Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

Ketua Kowantara Jakarta Timur, Nawawi mengatakan pemilik Warteg Family di Jalan Penggalang, Matraman, Jakarta Timur, tidak merugi akibat kegiatan yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

"Semua itu tidak benar. Sebanyak 200 nasi boks kemarin dibagikan ke warga dan yang dimakan warga di Warteg setelah pak Anies datang, sudah dibayar," kata Nawawi saat dihubungi pada Jumat (15/10/2021), malam. 

Lanjut Nawawi, 200 nasi boks yang dibagikan ke warga sekitar Kelurahan Palmeriam dan ditambah dengan sejumlah porsi yang dimakan ditempat oleh warga, sudah dibayarkan oleh donatur yang terlibat dalam program KSBB pangan. 

Baca juga: Kowantara Kembali Gaungkan Warteg Jaya Kembali, Dapat Dukungan dari Influencer

Baca juga: Anies Jelaskan Program KSBB, Pertama Kalinya DKI Tata Permukiman dan Pengolahan Persampahan

Prosedur tersebut sesuai dengan program KSBB yang digagas Pemprov DKI Jakarta, yakni memfasilitasi donatur yang hendak berbagi ke warga secara ekonomi terdampak pandemi Covid-19.

"Semua sudah beres tidak ada yang merasa rugi dan dirugikan. Dari kami (Kowantara) selalu terbuka. Selagi itu bermanfaat buat anggota Kowantara," jelas Nawawi.

Sebelumnya, pada Kamis (14/10/2021), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Warteg Family milik Takuri dalam rangka program KSBB pangan.

Pada kesempatan tersebut Anies menyalurkan sejumlah nasi boks ke warga sekitar Kelurahan Palmeriam. Ia juga menyempatkan diri bersantap siang di Warteg Family. 

Baca juga: Anies Baswedan Sebut Banyak Warga Jakarta yang Kebingungan Salurkan Bantuan Sebelum Ada KSBB

Baca juga: DKI Jakarta Tetap Buka KSBB untuk Keperluan Pangan, Paket Lebaran hingga THR

Usai Anies bersantap siang dan pergi meninggalkan tempat, puluhan warga datang​ ke Warteg Family sehingga dalam waktu sekira satu jam lauk pauk yang tersedia sudah habis. 

Sekira pukul 13.00 WIB, Takuri menutup Warteg Family usahanya. Hal itu menimbulkan kabar dia merugi akibat banyaknya warga memesan karena mengira makan gratis.

Anies menuturkan program KSBB pangan melibatkan donatur ini bertujuan untuk memfasilitasi warga yang secara ekonomi mampu membantu warga lain yang tidak terdampak pandemi Covid-19.

"Dengan cara seperti ini, satu sisi pemerintah memberikan bantuan, tapi di sisi lain pemerintah menyediakan platform bagi masyarakat yang memiliki kelebihan kepada masyarakat yang kekurangan," kata Anies, Kamis (14/10/2021). (M29)
 

--

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved