Breaking News:

Berita Jakarta

IMB Sementara Jadi Solusi Anies Tata Kampung Tanpa Legalitas Lahan, Bagian dari Janji Kampanye

Anies mengklaim pemberian IMB Sementara ini sebagai upaya penataan kampung sekaligus juga untuk menepati janji kampanyenya

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan IMB Sementara terhadap warga di Kampung Tanah Merah, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA-- Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Sementara jadi solusi yang ditawarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai solusi untuk penataan Kampung Prioritas. 

Pasalnya dengan IMB Sementara maka penataan permukiman berstatus grey area alias wilayah dengan lahan tanpa legalitas bisa dlanjutkan demi memenuhi kebutuhan warga. 

"Ini adalah jalan tengah yang kita ambil untuk menyelesaikan masalah bangunan yang berada di tanah yang status legalnya belum tuntas," kata Anies, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Anies: Ini Jalan Tengah untuk Selesaikan Masalah Bangunan di Tanah yang Status Legalnya Belum Tuntas

Hal ini disampaikan Anies saat memberikan IMB Sementara yang diserahkan simbolis kepada 17 perwakilan warga Kampung Prioritas, di Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara. 

Menurut Anies, dengan kehadiran IMB Sementara ini, fasilitas mendasar bagi warga seperti listrik dan air bersih akhirnya bisa dinikmati masyarakat di permukiman-permukiman grey area. 

Apalagi IMB Sementara yang dibagikan kepada perwakilan warga juga berbeda dari IMB pada umumnya. IMB Sementara ini mencakup satu wilayah RT dan bukan bangunan satu per satu.

"Begitu mereka membutuhkan pelayanan untuk bisa listrik masuk dengan benar, air bisa masuk dengan benar, itu semua mensyaratkan (IMB)," kata Anies.

Baca juga: Bersyukur Terima IMB Sementara, Warga Doakan Anies Jadi Presiden, Begini Respon Gubernur

Anies mengklaim pemberian IMB Sementara ini sebagai upaya penataan kampung sekaligus juga untuk menepati janji kampanyenya akan menata 21 Kampung Prioritas di DKI Jakarta. 

"Ini pertama kali di Indonesia ada IMB berbentuk kawasan," sambung Anies. 

Adapun perwakilan warga yang menerima IMB Sementara berasal dari Kampung Tanah Merah yang terdiri dari enam RW, Kampung Muka, dan Kampung Tongkol-Krapu-Lodan. 

Baca juga: Warga Grey Area di 21 Kampung Prioritas Sangat Senang dan Bersyukur Bisa Mendapatkan IMB Sementara

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved