Breaking News:

Berita Nasional

Dukung Gus Yahya Calon Ketua Umum PBNU Periode 2021-2026, Ini Alasan Kuat PWNU Jatim

Selama ini figur Ketua Umum PBNU terpilih sesuai dengan zamannya. Hal ini tak lepas dari campur tangan Tuhan yang memilihkan sosok ketua sesuai zaman.

tribunnews.com
PWNU Jawa Timur sudah memberikan dukungan untuk KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya sebagai calon Ketua Umum PBNU periode 2021-2026. Foto dok: Yahya Cholil Staquf. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEDIRI -- Sejumlah nama tokoh mulai bermunculan atau dimunculkan, meramaikan bursa calon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU periode 2021-2026.

Rencananya, PBNU akan menggelar Muktamar ke-34 di Lampung yang akan berlangsung pada 23 - 25 Desember 2021.

Hingga kini, Ketua Umum PBNU dijabat oleh KH Said Aqil Siradj, yang telah menjabat dua periode kepengurusan.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (tengah), saat jumpa pres gerakan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam di Irak dan Suriah (NIIS), di  Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat. (8/8/2014).
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (tengah), saat jumpa pres gerakan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam di Irak dan Suriah (NIIS), di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat. (8/8/2014). (WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)

Meski sudah dua kali menjabat, Said Aqil Siradj siap dicalonkan lagi jika ada dukungan dari kaum nahdliyin yang memilihnya.

Sementara itu Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, menginginkan agar sosok yang terpilih sebagai ketua umum PBNU mendatang tetap mempunyai figur sebagai seorang pemimpin yang berani melawan intoleransi dan radikal.

"Kalau masih banyak aliran intoleransi radikal, memaksakan kehendak, lalu misal aliran itu masuk tetap harus ada ketua NU yang penuh untuk NKRI berani korbankan apapun," kata KH Marzuki Mustamar setelah pelantikan jajaran pengurus baru PC NU Kediri masa kidmat 2021-2026 di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: PROFIL Hidayat Nurwahid yang Disebut Faisal Assegaf Cocok jadi Ketum PBNU, Dia Muhammadiyah atau NU?

Baca juga: PROFIL Gus Baha, Santri Kesayangan Mbah Moen yang Diusulkan Jadi Caketum PBNU Melawan Said Aqil

Ia mengakui secara kelembagaan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur memutuskan mendukung Kiai Haji Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya sebagai calon ketua umum Pengurus Besar NU periode 2021-2026 dalam Muktamar ke-34 di Lampung pada 23 - 25 Desember 2021.

Ia mengatakan, secara umum di NU ingin selamat, yakni akidahnya selamat, lembaga selamat tidak diambil orang, ibadah juga tetap rajin, anak-anaknya selamat tidak kurang ajar, negara selamat tidak kena sistem yang ingin merebut NKRI dan Pancasila.

Menurut dia, selama ini figur ketua umum PBNU terpilih sesuai dengan zamannya. Hal ini juga tidak terlepas dari campur tangan Tuhan yang memilihkan sosok ketua sesuai dengan zaman.

Mulai era kepemimpinan almarhum KH Abdurrahman Wahid yang pada saat itu mulai masuk aliran bermacam-macam dari internasional ke Indonesia, kemudian banyak didirikan pengurus cabang istimewa Nahdlatul Ulama era kepemimpinan almarhum KH Hasyim Muzadi.

Baca juga: Dicaci Oknum Banser usai Usulkan HNW jadi Ketum PBNU, Faisal: Baru Punya Jaket Banser Sudah Arogan!

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved