Breaking News:

Dies Natalis ke-100 PIP Makassar Pecahkan Rekor MuRI

Upacara pagi yang mendatangkan para alumni pelaut dari PIP Makassar sekaligus penyerahan rekor MuRI sebagai kampus pelayaran tertua di Indonesia.

Editor: Ahmad Sabran
istimewa
Penyerahan Sertifikat Rekor Muri sebagai Sekolah Pelayaran Tertua di Indonesia di PIP Makassar 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, pada Rabu, (13/10/2021) , merayakan Dies Natalis ke-100.

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan memeriahkan momen satu abad kampus tersebut.

Namun yang paling spesial tahun ini, para alumni PIP Makassar dari berbagai penjuru dunia akan berkumpul membacakan ikrar pelaut, di Kampus PIP Makassar, Jalan Tentara Pelajar. 

Upacara pagi yang mendatangkan para alumni pelaut dari PIP Makassar sekaligus penyerahan rekor MuRI sebagai kampus pelayaran tertua di Indonesia. 

Selain itu juga dilakukan prosesi pelepasan burung merpati, penyerahan Lisensi Penambahan Ruang Lingkup LSP PIP Makassar dari Ketua BNSP hingga On Board Talk Show yang dilakukan di atas kapal latih PIP Makassar yang menghadirkan sejumlah pembicara dari kalangan pakar transportasi laut.

Dalam sambutannya Sekertaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono mengucapan selamat kepada PIP Makassar yang telah melaksanakan pendidikan pelaut di Indonesia yang saat ini merupakan revitalisasi Satu Abad Pendidikan Pelayaran di Indonesia.

"Sejarah mencatat bahwa pelaut Indonesia adalah pelaut tangguh yang telah mencapai berbagai belahan dunia. Mulai dari sejarah Majapahit, Sriwijaya, hingga Samudra Pasai adalah bukti jika pelaut Indonesia adalah pelaut yang luar biasa. Karena para Taruna dan Taruni yang ada di Perguruan Tinggi Kemenhub harus bisa mempertahankan hal tersebut," kata Djoko.

Untuk itu, tambahnya, dalam rangka memperingati 100 Tahun PIP Makassar, ini menjadi satu tonggak sejarah untuk membangkitkan jayaan Indonesia, khususnya sebagai Poros Maritim dunia.

Baca juga: Aksi Polisi Smackdown Mahasiswa di Tangerang Dinilai Langgar HAM dan Permalukan Kapolri

Sedangkan dalam diskusi yang dilaksanakan secara virtual, Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Capt. A. Arif Priadi, menyampaikan bahwa PIP Makassar sebagai perguruan tinggi pelayaran tertua telah memiliki sejarah panjang dan berkontribusi luar biasa dalam membangun pelayaran Indonesia. 

"Kita ketahui bersama bahwa sektor transportasi laut dan sektor logistik di Tanah Air tidak bisa dipisahkan dengan pemenuhan SDM transportasi yang selama ini menjadi perhatian dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui BPSDMP. Salah satunya adalah yang selama ini telah dilahirkan oleh PIP Makassar," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved