Breaking News:

Berita Nasional

Bangun Travel Pattern Borobudur-Liyangan, Sandiaga Uno Titip Beras Sehat untuk Sejahterakan Petani

Bangun Travel Pattern Borobudur-Liyangan, Sandiaga Uno Titip Beras Sehat untuk Sejahterakan Petani. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Koordinator Satgas Jamban BISA Pujo Priyono mengenalkan beras sehat di Pendopo eks-Kewedanan Parakan, Temanggung, Jawa Tengah pada Rabu (13/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, TEMANGGUNG - Bangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), Menparekraf Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mencanangkan travel pattern atau pola perjalanan wisata Borobudur-Situs Liyangan, Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Pola perjalanan wisata baru tersebut diharapkan mampu meningkatkan beragam produk ekonomi kreatif, seperti Beras Sehat.

Sehingga, terbuka peluang usaha dan lapangan kerja serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Sindoro itu. 

"Kebetulan Borobudur adalah satu dari lima Destinasi Super Prioritas dan kami sedang membangun pola perjalanan. Kalau nanti ceritanya bahwa Liyangan ini 'mbah buyutnya' Borobudur ini menarik sekali," katanya didampingi Koordinator Satgas Jamban BISA Pujo Priyono di Pendopo eks-Kewedanan Parakan, Temanggung, Jawa Tengah pada Rabu (13/10/2021).

Penetapan travel pattern Borobudur-Situs Liyangan itu dijelaskannya merupakan bentuk 3G yang diusung Kemeparekraf dalam pemulihan sektor parekraf.

Antara lain Gercep-gerak cepat, Geber-gerak bersama dan Gaspol-garap semua potensi secara bersama-sama.

Baca juga: Hidup Harmonis dengan Ratusan Kera, Sandiaga Uno Sandingkan Desa Cikakak Dengan Desa Sangeh di Bali

Baca juga: Ciptakan Peluang Usaha & Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Tingkatkan Jaringan Internet di Pangandaran

"Karena pariwisata tidak hanya bicara destinasi, tetapi tentang semua hal yang terkait erat dengannya, seperti infrastruktur, manajemen, SDM (sumber daya manusia), hospitality, CHSE dan kuliner sehatnya," jelasnya.

"Dan Beras Sehat, beras bergizi dan bervitamin yang diharapkan menambah khasanah makanan sehat di destinasi wisata," tambahnya.

Dalam acara Rembug Santai Bersama Pelaku Wisata Temanggung itu dirinya berharap seluruh pihak dapat berkolaborasi menyampaikan ide untuk mengembangkan sektor parekraf Temanggung.

Baca juga: Warga Sebut Menparekraf Sandiaga Uno Menteri Pertama yang Berkunjung ke Desa Wisata Cikakak Banyumas

Baca juga: Jadi Simbol Kebangkitan Ekonomi, Sandiaga Uno Namai ADWI Kambing Etawa Desa Pandanrejo

Karena menurutnya, keindahan alam serta beragam produk ekonomi kreatif lokal yang dimiliki menjadi modal Temanggung untuk mengembangkan pariwisata berkelas dunia.

"Nanti harus duduk bersama dan mencari event apa yang tepat, karena tadi dalam laporan Bupati Temanggung disampaikan ada festival dan banyak pelaku seni di Temanggung ini," tambahnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved