Breaking News:

Berita Nasional

Apa Itu Islamophobia? Ini Penyebab Munculnya Stigma Islamophobia Menurut Habib Milenial 

Islamofobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka, diskriminasi, ketakutan dan kebencian terhadap Islam dan Muslim.

Dokumentasi NET
Habib Husein Ja'far Al Hadar mengatakan, stigma Islamophobia muncul akibat dari hal-hal sifatnya radikalisme dan terorisme itu sendiri. Foto ilustrasi: Husein Jafar Al Hadar berbagi pesan inspiratif ke Good People, sapaan pemirsa setia NET, lewat program baru berjudul Amanah Islam. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Apa itu Islamophobia? Islamofobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka, diskriminasi, ketakutan dan kebencian terhadap Islam dan Muslim.

Jika dirunut ke belakang, Islamophobia sebenarnya sudah lama muncul di negara-negara yang mayoritas penduduknya non-Muslim.

Menurut peneliti Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ibnu Nadzir, Islamophobia muncul bukan tanpa dasar.

Ibnu Nadzir menjelaskan, untuk melihat fenomena Islamophobia, masyarakat harus mengerti bahwa budaya negara-negara Barat sangat kental oleh nilai-nilai agama Kristen.

Hal itu sedikit banyak mempengaruhi persepsi masyarakat di negara Barat terhadap Islam dan penganutnya.

“Cerita kepahlawanan misalnya, sangat banyak berasal dari Perang Salib, di mana penganut Islam kerap digambarkan sebagai musuh," kata Ibnu Nadzir.

Baca juga: Nicho Silalahi Prihatin Sekelompok Buzzer Digerakkan untuk Munculkan Islamphobia di Indonesia

Baca juga: Politisi Malaysia: Negara-negara Islamofobia Jangan Protes Turki Soal Hagia Sophia

"Cuma, ini enggak berarti kemudian orang Eropa punya permusuhan khusus pada Muslim. Soalnya, kecurigaan atau permusuhan yang modern sebenarnya lebih sering datang dari konteks saat ini,” ujar Ibnu kepada Bisnis, Selasa (19/3).

Di dunia modern, Islamophobia muncul sebagai akibat dari globalisasi sejak beberapa dekade lalu.

Kemunculan Islamophobia di sejumlah negara dilatarbelakangi hal-hal berbeda.

Dia memberi contoh, di Inggris kecurigaan terhadap penganut Islam muncul saat imigran banyak datang ke sana pada periode 1970-1980.

Baca juga: Kang Dede Batalkan Ceramah Ketua Komisi Dakwah MUI di Pelni, Fadli Zon:Ada yang Terpapar Islamphobia

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved