Breaking News:

Ini Khasiat dari Tumbuhan Keladi Tikus dan Daun Sirkas Bagi Kesehatan Tubuh

Karena kandungannya, keladi tikus dan daun sirsak dipercaya dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Umar Widodo
Istimewa
Tanaman keladi tikus (Typhonium flagelliforme), adalah salah satu jenis tumbuhan yang kerap digunakan sebagai obat herbal tradisional. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ign Agung Nugroho

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Di Indonesia, keladi tikus (Typhonium flagelliforme) adalah salah satu jenis tumbuhan yang kerap digunakan sebagai obat herbal tradisional. 

Begitu juga daun sirsak  (Annona muricata), saat ini juga cukup populer digunakan sebagai obat herbal di kalangan masyarakat, di samping buahnya yang memiliki banyak manfaat.

Karena kandungannya, keladi tikus dan daun sirsak dipercaya dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit.

Menurut  Dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, edukator kesehatan, bukti yang ada saat ini menunjukkan, ekstrak keladi tikus mengandung senyawa senyawa alkaloid, triterpenoid, lignan, flavonoid, tanin, dan sterol. 

"Berdasarkan pengujian secara in vitro, kandungan ini membuatnya potensial untuk dapat digunakan sebagai antioksidan, antiradang, antimikroba, antikanker (khususnya kanker hati dan darah), dan juga dapat menghilangkan efek buruk kemoterapi," kata Jeffri Aloys dalam keterangan resminya, Rabu (13/10/2021).

Ia mengatakan, keladi tikus juga bersifat sebagai obat batuk sehubungan dengan adanya zat aktif yang diduga dapat mencegah dan meringankan reaksi imunologi berupa alergi. 

"Sebenarnya sejak dahulu kala, keladi tikus dipakai secara tradisional untuk membantu meredakan batuk, sakit kepala, dan nyeri perut," katanya.

Sedangkan ekstrak daun sirsak berpotensi sebagai imunostimulator. 

"Hal ini terbukti melalui uji praklinik yang menunjukkan kandungan senyawa flavonoid, alkaloid, dan acetogenin dalam ekstrak daun sirsak dapat menstimulasi respon imun dengan mengaktifkan makrofag, memicu sekresi interferon gamma, serta meningkatkan ekspresi dan proliferasi sel T helper maupun sel T sitotoksik," katanya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved