Salurkan Hobi Sekaligus Riset, JMI Gelar Turnamen Wild Fishing di Setu Pemda

Salurkan Hobi Sekaligus Riset, JMI Gelar Turnamen Wild Fishing di Setu Pemda. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Suasana Wild Fishing Tournament Open 2021 di yang digelar Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya di kawasan Setu Pemda, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Sabtu (9/10/2021).  
WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya menggelar Wild Fishing Tournament Open 2021 di kawasan Setu Pemda, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Sabtu (9/10/2021). 
 
Kegiatan yang digelar dalam rangka riset habitat asli ikan air tawar itu diikuti puluhan jurnalis pehobi mancing yang menjadi member JMI yang berpusat di Jakarta dan Bogor Raya. 
 
Ketua Umum JMI Firman Wibowo mengatakan, kegiatan JMI tidak semata menyalurkan hobi mancing. 
 
JMI juga memiliki segudang program sosial kemasyarakatan dan pelestarian alam yang dilaksanakan sejak tahun 2017.
"Minggu kemarin kami baru melaksanakan donasi anak nelayan, penanaman pohon Magroe di Pulau Tunda, Kepulauan Banten. Sebelumnya kami juga telah menggelar pelatihan usaha budidaya ikan Nila di Bogor. Selanjutnya kami akan terus menggelar kegiatan positip berbasis enterpreneur bagi para jurnalis," jelas Bowi, sapaan akrab Firman Wibowo. 
 
Sementara itu, Ketua Umum JMI Bogor Raya, Billy Adhiyaksa menyebutkan, kegiatan memancing telah rutin digelar JMI. 
Namun kali ini, lanjutnya, JMI sengaja memilih Setu Pemda sebagai kawasan observasi untuk selanjutnya dilaksanakan penyebaran benih ikan. 
 
"Turnamen ini digelar khusus untuk mengetahui ikan apa saja yang hidup di Setu Pemda. Kami menjumpai banyak ikan predator pengganggu sejenis gabus yang dilombakan untuk ditangkap, sementara ikan lain kami lepas kembali," ujar Billy. 
Billy juga mengatakan, kegiatan yang bertempat di area belakang Pendopo Bupati Bogor tersebut, juga menjadi pijakan JMI untuk berkerjasama dengan para pihak dalam upaya pelestarian ekosistem air tawar di kawasan Bogor dan sekitarnya. 
 
"Kami memiliki program tebar benih ikan atas kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan maupun Dinas Peternakan dan Perikanan. Selanjutnya kami akan menebar bibit ikan agar ekosistem tetap terjaga," urainya. 
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, Otje Subagja mengatakan, kegiatan positif yang dilaksanakan stakeholder seperti JMI sangat dibutuhkan, mengingat Kabupaten Bogor dikelilingi sebanyak 93 danau sebagai kawasan resapan air. 
 
"Setiap tahun kami rutin menebar ikan di setu-setu atau danau di Kabupaten Bogor. Kami berharap upaya observasi seperti ini dapat dilakukan di sejumlah setu di Kabupaten Bogor sebagai upaya bersama menjaga kelestarian alam," ujar Otje yang hadir beserta jajaran Disnakan Kab Bogor. 
 
Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan.
 
Irwan mengatakan, siap memberikan dukungan dan kolaborasi bersama JMI maupun setiap stakeholder yang melakukan upaya-upaya baik untuk kemajuan Kabupaten Bogor. 
 
"Keberadaan JMI harus berdampak baik untuk para jurnalis dan masyarakat luas. Kami siap berkolaborasi dan mendukung kegiatan JMI," jelasnya.
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved