Breaking News:

Puskesmas Kecamatan Ciracas Bakal Jemput Bola untuk Layanan Vaksinasi Bagi ODGJ

Santayana menambahkan dengan adanya layanan vaksinasi bagi ODGJ diharapkan bisa meminimalisasi terjadinya penularan virus Covid-19.

Warta Kota
Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 untuk Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) pada Selasa, (12/10/2021), siang. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, menyelenggarakan layanan vaksinasi Covid-19 untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pada Selasa, (12/10/2021).

Kepala Puskesma Kecamatan Ciracas, Santayana, vaksinasi ODGJ digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 10 Oktober.

Santayana menambahkan dengan adanya layanan vaksinasi bagi ODGJ diharapkan bisa meminimalisasi terjadinya penularan virus Covid-19.

"Mudah-mudahan ODGJ semuanya tidak ada yang berkemungkinan terpapar Covid karena sudah mempunyai kekebalan," terangnya.

Tercatat ada 30 ODGJ yang akan disuntik vaksin dosis pertama dengan jenis Vaksin Pfizer."Namun, ada yang kabur, ada yang menolak, ada yang keluarganya belum bersedia mengantar ke Puskesmas," jelas Santayana.

Adapun ODGJ yang melakukan vaksinasi mayoritas adalah pasien yang rutin berobat di Puskesmas Kecamatan Ciracas.

"Pasien rutin sebenarnya, ada yang sudah bertahun-tahun, berbulan-bulan, yang terdata di sini kita panggil lagi, kita telepon satu per satu," ujarnya.

Baca juga: Ratusan Penyandang Disabilitas dan ODGJ Akhirnya Disuntik Vaksin Covid-19, Petugas Lakukan Cara Ini

Menurut Santayana, jumlah tersebut masih sedikit ketimbang total pasien ODGJ yang rutin datang ke puskesmas untuk berobat.

Mengenai masih sedikitnya ODGJ yang divaksin, Santayana mengatakan perlu ada penanganan khusus seperti membujuk, merayu, dan memotivasi agar ODGJ bersedia divaksin.

"ODGJ ini perlu perhatian yang khusus, mereka harus dibujuk-bujuk dulu, harus disayang-sayang dulu, harus dikasih motivasi, baru mau divaksin," kata Santayana.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved