Breaking News:

Pilpres 2024, PKB: Pasangan Muhaimin-Prabowo atau Prabowo-Muhaimin Dapat Terjadi

"Pasangan Muhaimin-Prabowo mungkin atau Prabowo-Muhaimin dapat terjadi. Yang penting merebut hati rakyat dan menang menerima amanat," kata Jazilul

Warta Kota/henry lopulalan
Ketua Dewan Pembinan Partai Gerindra Prabowo Subianto 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid membuka peluang partainya memasang duet Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024.

"Pasangan Muhaimin-Prabowo mungkin atau Prabowo-Muhaimin dapat saja terjadi. Yang penting dapat merebut hati rakyat dan menang menerima amanat," kata Jazilul dalam siaran pers, Selasa (12/10/2021).

Jazilul mengatakan, ada keinginan dari para kader dan pengurus DPC maupun DPW PKB agar PKB dapat mengusung Muhaimin sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Namun, secara kebijakan partai belum ada keputusan final soal itu karena PKB tidak mungkin mengusung capres sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

Baca juga: Pilpres 2024, Partai Demokrat: Hanya 2 Calon dalam Pemilu Sebabkan Polarisasi dan Luka Mendalam

Baca juga: Faizal Assegaf Dorong Luhut-Ganjar Hadapi Anies di Pilpres 2024, Angkat Ahok sebagai Timses

Oleh karena itu, Jazilul menyebutkan, PKB sebagai partai yang moderat bisa membuka komunikasi dengan partai mana pun, termasuk dengan Partai Gerindra yang disebut-sebut akan kembali mengusung Prabowo.

"Terbuka koalisi PKB dengan Gerindra, namun pelan-pelan harus disusun agenda dan figur yang diharapkan rakyat," ujar Jazilul.

Wakil ketua MPR itu menambahkan, PKB menyambut baik rencana Prabowo kembali maju pada Pilpres 2024 karena membuat arah politik semakin terpetakan. "PKB senang kalau Pak Prabowo nyapres lagi. Setidaknya kami dapat mengukur keadaan dari pengalaman yang lalu," ujar Jazilul.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan, terbuka peluang bagi Prabowo untuk menerima mandat dari para kadernya untuk maju dalam Pilpres 2024.

Baca juga: Sekjen Partai Gerindra Sebut Prabowo Subianto akan Maju di Pilpres 2024: Insya Allah, Harapan Rakyat

Baca juga: Pilpres 2024, Survei SMRC: PDIP Sulit Menangkan Prabowo-Puan, Ada Kecencerungan Ganjar Unggul

Muzani mengatakan, mandat para kader untuk meminta Prabowo maju dikarenakan masih ada cita-cita partai yang belum terwujud.

"Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," kata Muzani dalam keterangannya, Minggu (10/10/2021).

"Maka apa yang baru saudara ucapkan akan kami teruskan. Dan dengan tidak mendahului jawaban beliau, saya katakan sekali lagi, Insya Allah Pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prabowo Diprediksi Maju Pilpres, PKB: Pasangan Muhaimin-Prabowo atau Prabowo-Muhaimin Dapat Terjadi"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved