Breaking News:

Virus Corona

10 Usaha yang Potensial Akan Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19, Simak Rinciannya

Kadin DKI mendata 10 komoditas, produk, dan jenis usaha yang potensial tetap bertumbuh di tengah pandemi, karena mendukung kebutuhan pokok masyarakat.

WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Bidang Koperasi dan UMKM, Ahmad Sarbini, dalam diskusi media di Jakarta, Selasa (12/10/2021) mengatakan, sebanyak 10 jenis usaha akan terus tumbuh ke depan. Foto ilustrasi: Suasana toko kelontong di Jalan K Teluk Gong, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sebanyak 10 komoditas, produk, dan jenis usaha, potensial tetap bertumbuh di tengah pandemi Covid-19, karena mendukung kebutuhan pokok masyarakat.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Bidang Koperasi dan UMKM, Ahmad Sarbini, dalam diskusi media di Jakarta, Selasa (12/10/2021), mengatakan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta mendata bahwa sebanyak 10 jenis usaha akan terus tumbuh ke depan.

Sarbini menjelaskan, 10 komoditas, produk, dan jenis usaha, itu merupakan hasil penelitian bersama dengan beberapa instansi, salah satunya Bank Indonesia.

Adapun sepuluh komoditas, produk, dan jenis usaha, yang potensial tumbuh itu, lanjut dia, adalah warung makan, restoran, aneka kue, toko kelontong.

Kemudian, industri tempe, jasa pemrograman komputer, sewa menyewa peralatan, rumah makan padang, toko sembako, dan peoduk fesyen.

Pria yang akrab disapa Abi itu memberikan rekomendasi, untuk mendukung pengembangan UMKM di antaranya pembangunan basis data untuk mengetahui sebaran usaha mikro kecil secara spasial untuk pengawasan dan pembinaan berkelanjutan.

Baca juga: Ariza Apresiasi Bantuan KADIN DKI untuk Panti Sosial dan Pelaku UMKM

Baca juga: Kadin DKI Jakarta Dorong Kaum Muda Tekuni Bisnis Pertanian saat Pandemi Virus Corona

Selain itu, menjaga ketahanan pangan, digitalisasi UMKM, peningkatan daya saing UMKM, dukungan pembiayaan dan didukung penjaminan dari Jamkrida serta pengembangan produk unggulan ekspor UMKM.

"Pengembangan UMKM digital ini tantangan ke depan, begitu juga pembiayaan yang merupakan masalah klasik yang perlu mendapat perhatian," ucapnya.

Warga DKI didorong belanja di toko kelontong terdekat

Sementara itu anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Thopaz Nuhgraha Syamsul mendorong masyarakat untuk belanja di warung-warung kecil dan toko kelontong terdekat di wilayah masing-masing untuk menggerakkan ekonomi mikro di kawasan itu.

Baca juga: Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi Terpilih Jadi Komisaris Independen PT Angkasa Pura Supports

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved