Kampung Akuarium

Unik, Penghuni dan Tamu di Kampung Susun Akuarium Wajib Lepas Alas Kaki

Setiap warga yang ingin masuk ke dalam area kampung susun, terlebih dahulu harus melepas alas kaki. Ini juga berlaku bagi tamu yang datang

Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Para penghuni Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, melepaskan alas kaki saat masuk ke dalam area hunian. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara sudah ditempati warga sejak sekitar satu bulan yang lalu. Selama itu pula ada kebijakan, bahwa setiap penghuni dan tamu yang datang wajib melepaskan alas kaki. 

Setiap warga yang ingin masuk ke dalam area kampung susun, terlebih dahulu harus melepas alas kaki. Peraturan tersebut juga berlaku bagi tamu yang hendak datang berkunjung. 

Pengumuman untuk melepaskan alas kaki, dipasang di beberapa tiang yang berada di dekat akses masuk warga. 

Seorang warga, Musdalifah (32) menceritakan kebijakan itu sudah berlangsung sejak pertama kali Kampung Susun Akuarium ditempati warga. 

Baca juga: Warga Kampung Susun Akuarium, Akan Dikenakan Biaya Sewa

Baca juga: Cerita Warga Setelah Sebulan Menempati Kampung Susun Akuarium

“Memang pada saat rapat kesepakatannya kalau naik ke atas itu sandalnya dilepas,” ungkapnya, Senin (11/10/2021). 

Musdalifah menceritakan ide dari kebijakan itu bermula dari keinginan warga setempat maupun pengelola dalam menjaga kebersihan Kampung Susun Akuarium

“Karena memang kita kerjanya sendiri, kalau kita nggak jaga kebersihan sendiri, siapa lagi?,” ucap Musdalifah. 

Sehingga dibuat kebijakan tidak boleh ada warga yang menggunakan alas kaki. Hal itu dilakukan supaya lebih memudahkan warga setempat saat membersihkan area kampung susun. 

Baca juga: VIDEO : Biaya Sewa Kampung Susun Akuarium Dibahas Secara Kekeluargaan

Hanya saja ada pengecualian apabila ada warga yang memang memiliki alas kaki khusus untuk di dalam area Kampung Susun Akuarium

“Kecuali kalau memang warga punya sandal yang khusus dipakai di unit rusun, sandalnya bersih lah gitu,” sambungnya. 

Sebelumnya Kampung Susun Akuarium tahap 1 yang berdiri di atas lahan 10.575 meter persegi meliputi dua blok dengan 107 unit rusun ditambah satu unit khusus difabel telah selesai dibangun. 

Setiap unit di Kampung Susun Akuarium bertipe 36, di mana di dalamnya terdapat satu kamar, satu kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga. Ada pula ruang pameran serta tiga unit kios usaha.

Adapun Kampung Susun Akuarium rencananya akan terdiri dari 5 blok bangunan dengan jumlah 241 unit hunian. Jadwal pembangunan tahap 2 belum ditentukan kapan mulai berjalan. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved