Balita di Tambun Utara Derita Stunting dan Tumor

Camat Tambun Utara Najmuddin telah mendatangi kediaman Sauqi di Kampung Gebang RT 01/03, Desa Satriajaya, Tambun Utara, pada Minggu (10/10/2021) lalu

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Rangga Baskoro
Seorang balita bernama Sauqi (4) menderita stunting atau kurang gizi kronis dan tumor. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI -- Seorang balita bernama Sauqi (4) menderita stunting atau kurang gizi kronis dan juga tumor. Penyakit tersebut menyebabkan badannya kurus kering dengan perut membuncit.

Camat Tambun Utara Najmuddin telah mendatangi kediaman Sauqi di Kampung Gebang RT 01/03, Desa Satriajaya, Tambun Utara, pada Minggu (10/10/2021) lalu.

"Jadi kemarin saya bersama Kapus Karangsatria, BPD Satriajaya, bersama RT/RW kunjungan ke rumah Sauqi. Ternyata memang selain menderita stunting, Sauqi ada penyakit bawaan tumor. Perutnya agak membuncit. Mungkin itu yang membuat balita ini tidak bisa gemuk," ucap Najmuddin saat dikonfirmasi, Senin (11/10/2021).

Sauqi tinggal dan dirawat oleh kakeknya, Marsan dan neneknya, Ayeh yang bekerja serabutan. Kondisi perekonomian Marsan dan Ayeh yang sulit membuat keduanya kesulitan memenuhi asupan gizi beserta biaya pengobatan Sauqi.

Baca juga: Pemkot Jakpus Panen Ikan untuk Warga Stunting dan Gizi Buruk 

Baca juga: Gerakan P2L Kementan Diyakini Mampu Turunkan Angka Stunting

"Anak ini yang merawat kakeknya, orang tuanya ada, tapi yang ngerawat kakeknya, ekonomi keluarganya terbilang lemah lah," katanya.

Najmuddin menyampaikan kepada Marsan agar tak perlu mengkhawatirkan biaya pengobatan dan asupan gizi Sauqi lantaran menjadi kewajiban pemerintah untuk merawat dan memperhatikan masyarakatnya.

"Saya bilang sama kekeknya, Insya Allah pemerintah peduli dengan Sauqi, di sini ada puskesmas dan bidan desa, ada lurah, BPD. Kalau mau ke berobat ke rumah sakit kami ada ambulans, kalau butuh biaya ada dinsos untuk support. Jadi jangan pesimis, kami bantu rawat anak ini biar sembuh," tutur Najmuddin.

Najmuddin bahkan menyatakan telah memberitahu kondisi Sauqi kepada Dinas Sosial dan Kesehatan Kabupaten Bekasi agar langsung mendapatkan bantuan.

"Ada dinas-dinas juga, tugas saya sebagai camat menyampaikan ke mereka agar anak ini tolong dibantu. Sudah saya sampaikan kepada mereka. Dalam waktu dekat Sauqi akan menjalani kemoterapi untuk pengobatan tumornya," ujarnya.(abs)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved