Breaking News:

Pemilu 2024

Pemilu 2024: Ini Daftar Susunan Lengkap Pengurus Partai Buruh 2021-2026

Susunan lengkap Pengurus Komite Eksekutif, Majelis Rakyat, dan Majelis Nasional yang dibuat Tim Formatur sebagaimana dimandatkan Kongres, diumumkan.

Youtube/KompasTV
Presiden Partai Buruh Said Iqbal (tengah) memberi keterangan kepada wartawan saat jumpa pers, di Kantor Partai Buruh, Jakarta, Jumat (8/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Jika lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, maka para buruh di Indonesia akan memiliki partai sendiri, yaitu Partai Buruh.

Agar lolos verifikasi KPU, berbagai daya dan upaya telah ditempuh oleh jajaran pengurus partai, termasuk oleh Said Iqbal yang menduduki posisi sebagai Presiden Partai Buruh.

Said Iqbal, di Jakarta, Jumat (8/10/2021), mengumumkan susunan lengkap Pengurus Komite Eksekutif (Exco), Majelis Rakyat, dan Majelis Nasional yang dibuat oleh Tim Formatur sebagaimana dimandatkan dalam Kongres Nasional IV Partai Buruh.

Daftar lengkap pengurus nantinya akan menjadi salah satu dokumen yang akan diserahkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI untuk mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly, kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal saat jumpa pers, di Kantor Partai Buruh, Jakarta.

Di samping susunan lengkap Pengurus Komite Eksekutif, Partai Buruh juga akan mengajukan perubahan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai ke Kemenkumham.

Nantinya, dua dokumen itu akan dibuatkan akta notarisnya oleh pengurus, kata Said Iqbal.

Baca juga: Pemilu 2024, Said Iqbal Optimistis Partai Buruh Lolos Verifikasi KPU dan Parliamentary Threshold

Baca juga: Pemilu 2024: Survei SMRC Sebut PKB Menguat Dua Tahun Terakhir, Cak Imin: Konsisten Tiga Besar

“Target saya sebagai Presiden Partai pada rapat pertama hari ini, kami akan menyelesaikan akta notaris susunan pengurus dan AD/ART paling lambat Kamis (14/10) minggu depan,” kata Said Iqbal yang saat jumpa pers didampingi oleh jajaran pengurus.

Partai Buruh berharap setelah dua akta notaris yang memuat perubahan daftar perubahan pengurus dan AD/ART itu rampung, pihak partai dapat membawa dokumen itu ke Kemenkumham satu minggu setelahnya, sekitar 25-26 Oktober 2021.

Jika Menkumham Yasonna Laoly telah mengeluarkan SK yang mengesahkan perubahan AD/ART dan susunan pengurus, maka Partai Buruh akan lanjut fokus mempersiapkan diri mengikuti verifikasi KPU dan mendaftarkan diri sebagai anggota Asosiasi Partai Buruh Dunia, ujar Said Iqbal.

Berbeda dengan partai lainnya, Pengurus Partai Buruh disebut dengan nama Komite Eksekutif, bukan Dewan Pimpinan Pusat/Dewan Pengurus Pusat (DPP).

Baca juga: Pemilu 2024, Survei SMRC: Tren Elektabilitas Partai Demokrat Naik di Bawah Kepemimpinan AHY

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved