PON XX Papua

Ketum KONI Pusat Marciano Norman Tegaskan Wasit Tinju Harus Obyektif dan Jangan Memihak

Kunjungan dilakukan Marciano Norman pada hari Sabtu (9/10/2021) untuk memastikan pertandingan tinju berjalan lancar dan tidak ada gangguan apapun.

Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Umar Widodo
PB PON XX PAPUA/Husni Oa
Tim ofisial tinju DKI Jakarta berusaha menenangkan atlet tinjunya, Jill Mandagie (tengah) yang mengamuk di luar ring dampak dari keputusan wasit memenangkan lawannya petinju dari Nusa Tenggara Barat. Jill Mandagie (DKI Jakarta) turun di kelas Bantam (52-56 kg) berhadapan dengan Lucky Mira Agusto Hari (Nusa Tenggara Timur) ajang Tinju PON XX Papua di Gedung Olahraga Cenderawasih, Jayapura, Jumat (8/102021) sore. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

WARTAKOTALIVE.COM, JAYAPURA - Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman meninjau langsung venue pertandingan tinju di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Kunjungan dilakukan Marciano Norman pada hari Sabtu (9/10/2021) untuk memastikan pertandingan tinju berjalan lancar dan tidak ada gangguan apapun.

Sebelumnya pertandingan cabor tinju PON Papua yang berlangsung di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura, Jumat (8/10/2021) petang sempat terjadi insiden kericuhan usai laga.

Dimana atlet tinju dari DKI Jakarta, Jill Mandagie dengan relawan PB PON XX Papua 2021, karena adanya kesalahpahaman.

Menurut informasi, keributan ini berawal saat Jill Mandagie tidak terima dengan keputusan wasit yang memenangkan lawannya, petinju asal NTT Luki Mira Agusto Hari pada kelas Bantam (52-56 Kg). 

Kasus kericuhan tersebut akhirnya berujung damai dan tidak diperpanjang lagi. Marciano Norman berharap kejadian tersebut tidak terulang lagi dalam pertandingan olahraga.

Dari hasil pantauan yang sudah dilakukan, pertandingan tinju PON Papua sudah berjalan dengan perbaikan penyelenggaraan.

Ketua Umum KONI Marciano Norman
Ketua Umum KONI Marciano Norman (warta kota/wahyu septiana)

"Ada insiden kecil langsung ditindaklanjuti oleh Ketum Pertina terkait penyelenggaraan. Hari ini saya lihat sudah nyaris seperti apa yang diharapkan," kata Marciano Norman saat ditemui di GOR Cenderawasih, Sabtu (9/10/2021).

"Potensi gangguan semakin kecil karena pertandingan ini harus berjalan lancar dan menjunjung tinggi sportivitas dari para atlet dan wasit, juga pelatihnya," tambahnya.

Marciano Norman berpesan kepada perangkat pertandingan yang bertugas di cabor tinju PON Papua bisa memimpin secara objektif.

Selain itu, keputusan yang dibuat tidak merugikan pihak manapun dan membuat kontroversial.

"Wasit juga harus memberikan penilaian yang objektif dan sesuai, penonton juga bangga karena prestasi atletnya," ungkapnya.

Pada saat mengunjungi venue tinju di GOR Cenderawasih, Marciano Norman mendapatkan kesempatan penting berbincang dengan wasit dan dewan hakim.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved