Breaking News:

Pemilu 2024

Pemilu 2024, Said Iqbal Optimistis Partai Buruh Lolos Verifikasi KPU dan Parliamentary Threshold

Partai Buruh optimistis dapat memenuhi persyaratan untuk lolos verifikasi KPU sehingga terdaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

Youtube/KompasTV
Presiden Partai Buruh Said Iqbal (tengah) saat memberi keterangan kepada wartawan saat jumpa pers di Kantor Partai Buruh, Jakarta, Jumat (8/10/2021).  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sekitar dua tahun lagi bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi Pemilu dan Pilpres 2024.

Diharapkan, pandemi Covid-19 benar-benar telah berubah menjadi endemi, sehingga pesta demokrasi bisa terselenggara dengan aman, lancar dan tingkat partisipasi publik yang tinggi alias angka golput yang rendah.

Di tengah ingar bingar menjelang Pemilu dan Pilpres 2024, muncul partai baru yang mencoba bertarung di tahun 2024, tentunya setelah memenuhi segala ketentuan dan persyaratan dari KPU.

Komite Eksekutif (Exco) Partai Buruh optimistis dapat memenuhi persyaratan untuk lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sehingga terdaftar sebagai peserta Pemilu 2024, kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal di Jakarta, Jumat (8/10/2021).

Alasannya, Partai Buruh telah mempersiapkan sebagian besar syarat-syarat untuk lolos verifikasi, di antaranya kepengurusan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, sampai kecamatan, serta jumlah anggota/kader..

Dua syarat krusial yang perlu dipenuhi Partai Buruh sesuai dengan aturan KPU, yakni kepengurusan di seluruh provinsi, 75 persen dari jumlah kabupaten/kota tiap provinsi, dan 50 persen dari jumlah kecamatan tiap kabupaten/kota.

Syarat penting lainnya, Partai Buruh harus memiliki anggota aktif sekurang-kurangnya 1.000 orang 1/1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai di tingkat kabupaten/kota.

Baca juga: Pemilu 2024, Survei SMRC: Tren Elektabilitas Partai Demokrat Naik di Bawah Kepemimpinan AHY

Baca juga: Pemilu 2024, Survei Terbaru: Empat Besar Parpol Makin Kompetitif, PSI Jadi Kuda Hitam

Keanggotaan itu nantinya dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda anggota (KTA) dan kartu tanda penduduk (KTP).

Terkait dengan itu, Said Iqbal menyampaikan Partai Buruh telah memiliki pengurus di 34 provinsi atau di seluruh provinsi.

Dari total 514 kabupaten/kota, Partai Buruh telah memiliki kepengurusan di 409 kabupaten/kota.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved