Breaking News:

Kegiatan ISEF Digelar, Sebanyak 2100 Produk Halal Indonesia Siap Menembus Pasar Domestik dan Global

Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia memiliki keunggulan dalam hal pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah.

istimewa
Gelaran tahunan ISEF tahun 2021, akan berlangsung secara online dan offline. Online exhibition akan berlangsung pada tanggal 8 Oktober 2021 dan berakhir pada Desember 2021, sementara untuk kegiatan offline exhibition dilakukan pada tanggal 27-30 Oktober 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM,  JAKARTA - Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Indonesia memiliki keunggulan dalam hal pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah.

Sektor unggulan dalam industri halal Indonesia yaitu sektor fashion muslim dan makanan halal menduduki peringkat ke-3 dan ke-4 berdasarkan State of The Global Islamic Economy (SGIE) report 2020/2021. 

Pangsa pasar makanan halal Indonesia mencapai 13 persen dari pasar global. Jumlah ini merupakan yang terbesar di dunia. 

Jumlah penduduk muslim dunia yang mencapai 1,8 miliar atau 24 persen dari populasi global terus bertumbuh dan tentunya merupakan pasar potensial bagi industri halal. 

Sementara di domestik, berdasarkan data Direktorat Jenderal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia muslim di Indonesia mencapai 86,88 persen.

Baca juga: Wapres Maruf Minta Kemenkeu dan BPJPH Percepat Kodifikasi Produk Halal Indonesia

Baca juga: Puslitbang Bimas Agama Kemenag Merilis Hasil Penelitian Studi Wisata dan Produk Halal di NTT

Kondisi ini jelas sangat menggiurkan dan Indonesia sebagai mayoritas muslim diharapkan mampu mengambil manfaat dari besarnya potensi pasar produk halal ini.

Perubahan tren berusaha pasca-pandemi yang mengarah pada penggunaan fitur digital, turut mendorong perkembangan industri produk halal yang lebih dekat pada konsumennya.

Hadirnya digitalisasi menghilangkan batasan antar daerah bahkan negara dan mampu menghubungkan setiap individu di manapun berada. 

Ini merupakan peluang bagi pelaku usaha untuk semakin mendigitalkan proses pemasarannya agar mampu menembus pasar domestik dan global.

Mengulang kesuksesan tahun 2020, Exhibition Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) kembali digelar. 

Baca juga: IHLC dan Sucofindo Bangun Ekosistem Industri Halal, Harapan Jadi Produsen Terbesar Produk Halal

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved