CSR

Forum CSR DKI Jakarta Genap menginjak usia ke delapan tahun, Lakukan Terobosan di Masa Pandemi

Tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) selama masa pandemi mengikuti perubahan. 

istimewa
Penyerahan donasi untuk penanggulangan Covid -19 di DKI Jakarta dilakukan oleh Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta Mahir Bayasut bersama para kolaborator di Kantor Balai Kota Jakarta, Kamis (710/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tanggungjawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) selama masa pandemi mengikuti perubahan. 

Seperti  Forum CSR DKI Jakarta genap menginjak usia ke delapan tahun pada 25 September 2021. Dalam sewindu perjalanannya, Forum CSR DKI Jakarta telah melalui berbagai transformasi sebagai wujud adaptif terhadap perubahan kehidupan masyarakat.

Selama setahun terakhir, terutama di masa Pandemi Covid-19, beragam terobosan dilakukan berupa program-program inovatif terkait penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta, Mahir Bayasut mengungkapkan sebagai mitra dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Forum CSR DKI Jakarta sejauh ini aktif dan terlibat dalam perumusan hingga pelaksanaan kebijakan.

Baca juga: PLN Sabet Penghargaan Best of The Best CSR 2021

Baca juga: Ternyata Ini Tujuan Pemerintah Kota Denpasar Mengintegrasikan CSR dengan Program Pembangunan Daerah

Terlebih di masa Pandemi Covid-19, Forum CSR DKI Jakarta berperan sebagai penghubung antara pemangku kebijakan dengan pelaku usaha (perusahaan) demi mewujudkan kesejahteraan sosial.

“Setahun terakhir merupakan tahun yang penuh tantangan. Baik dunia usaha, industri, UMKM, organisasi kemasyarakatan hingga kaki lima semuanya terkena dampak dari Pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, Forum CSR DKI Jakarta terus berupaya menjadi katalisator terwujudnya kolaborasi antar pemangku kepentingan di Jakarta guna kesejahteraan masyarakat,” ujar Mahir dalam siaran pers yang diterima  Wartakotalive.com, Jumat (8/10/2021).

Guna mensosialisasikan pemahaman terkait praktek bisnis berkelanjutan (CSR Sustainability) kepada para mahasiswa, Forum CSR merangkul lembaga pendidikan yakni Universitas Gadjah Mada.

Program edukasi ini telah telah berlangsung sejak awal 2021 dan kini memasuki semester kedua.

Baca juga: BPBD Kota Bekasi Salurkan 3.631 Paket Sembako dan 1.605 Tabung Oksigen Berkat CSR Perusahaan Swasta

Baca juga: Tiga Perusahaan Swasta di Kota Tangerang Jalankan Program CSR dengan Sebar Gas Oksigen Gratis

Dukungan Forum CSR DKI Jakarta kepada dunia pendidikan juga direalisasikan dengan menggandeng Wijaya Karya (Persero) dalam program beasiswa kerjasama dengan Universitas Trisakti serta pembinaan bagi penghuni Panti Asuhan dibawah naungan Dinas Sosial (Dinsos) Pemprov DKI Jakarta.

Bersama para stakeholder, Forum CSR DKI Jakarta pun turun langsung menjangkau masyarakat dengan memberikan bantuan berupa sembako, pemberdayaan masyarakat lewat program pembuatan masker serta pemberian vaksin Covid-19 di tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

Mahir menjelaskan, tercatat 28 kolaborasi telah dilakukan Forum CSR DKI Jakarta baik dengan pihak swasta maupun pemerintah dalam Program Bantuan Sosial Penanganan Covid-19.

Beberapa mitra Forum CSR DKI Jakarta dalam program tersebut antara lain Wijaya Karya (Persero), Tbk, Pertamina (Persero), Danone Indonesia, Palang Merah Indonesia, Rekso National Food, Unilever Indonesia, Rumah Yatim, hingga Kitabisa Indonesia.

Baca juga: Pemkab Tangerang Beri Penghargaan untuk Perusahaan yang Bantu Pembangunan Lewat CSR

Dukungan yang diberikan berupa bahan pokok, uang tunai, matras, tabung oksigen, masker, Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan serta tempat cuci tangan portable.  

“Kami mengajak perusahaan ikut aktif dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi. Kami juga berupaya memberikan data yang benar agar bantuan bisa tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan,” imbuh Mahir.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved