Reklamasi Jakarta

FORMULA E di Pulau Rekamasi, Ini Dasar Nama Pantai Kita Maju Bersama Pengganti Pulau C, D, dan G

Pantai Pasir Putih di salah satu Pulau Reklamasi di utara Jakarta. Kawasan reklamasi menjadi salah satu alternatif tempat Formula E.

Penulis: Suprapto | Editor: Suprapto
Wartakotalive.com/Suprapto
Pantai Pasir Putih di salah satu Pulau Reklamasi di utara Jakarta. Kawasan reklamasi Pantai utara Jakarta menjadi salah satu alternatif tempat penyelenggaraan Formula E. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Pulau Reklamasi di utara Jakarta kembali disebut-sebut setelah gelaran Formula E batal dilaksanakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, Pulau Reklamasi adalah pulau yang terletak di sebelah utara Pantai Jakarta dan Tangerang yang dibuat oleh para pengembang.

Kawasan Reklamasi tersebut kini menjadi salah satu dari lima tempat untuk balapan mobil listrik setelah tidak jadi menggunakan kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakpus. 

"Lokasinya yang jelas tidak lagi di sekitar Monas. Itu saja clue-nya," ujar Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakarta Propertindo, Gunung Kartiko, usai rapat kerja dengan DPRD DKI, kemarin, seperti ditulis Warta Kota. 

Ada lima lokasi yang disiapkan sebagai pengganti kawasan Monas sebagai ajang balapan mobil tingkat dunia tersebut.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut, salah satu lokasi tersebut adalah kawasan Reklamasi Jakarta yang kini diberi nama Pantai Maju Bersama.

"Macam-macam (opsinya), di antaranya di Senayan, di Pantai Kita Maju Bersama, dan lain-lain," ujar Riza Patria.

Baca juga: Wilayah Ring 1, Alasan Formula E Batal Digelar di Monas

Baca juga: Formula E Tak Jadi Digelar di Monas, Wagub DKI Sebut 2 Lokasi Alternatif

Sejarah Penamaan Pantai Kita Maju Bersama di Pulau Reklamasi     

Kawasan reklamasi di Jakarta Utara tersebut semula diberi nama Pulau C, Pulau D, dan Pulau G.

Tetapi, setelah Anies Baswedan menjadi gubernur, nama-nama itu kemudian diubah.

Anies mengubah nama itu sebagaimana tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1744 tahun 2018
tentang Penamaan Kawasan Pantai Kita, Kawasan Pantai Maju, dan Kawasan Pantai Bersama Kota Administrasi Jakarta Utara. 

Keputusan Gubernur DKI itu ditetapkan di Jakarta pada 26 November 2018 atau sekitar 1 tahun setelah Anies menjadi gubernur. 

Ketiga nama pulau itu kemudian diubah menjadi nama Pantai Kita, Pantai Maju, dan Pantai Bersama yang kemudian ketika digabungkan menjadi satu menjadi Pantai Kita Maju Bersama.

Antisipasi Konflik, Dani Ramdan Minta Camat Jembatani Komunikasi Pengembang-Nelayan Soal Reklamasi

Anies Bersyukur tak Ada Penderita Virus Covid-19 yang Meninggal di Ibu Kota

Menurut Anies sebagaimana tertuang dalam keputusan gubernur tersebut, ada satu alasan utama kenapa Pulau C, D, dan G hasil reklamasi diubah menjadi Pantai Kita Maju Bersama.

Alasan tersebut adalah dalam rangka mewujudkan tertib administrasi pengelolaan kevvilayahan dengan bertambahnya vvilayah kawasan pantai di Kota Administrasi Jakarta Utara sehingga dirasa perlu ditetapkan penamaan terhadap kawasan pantai.

Dalam keputusan gubernur tersebut dijelaskan sebagai berikut:

a. Kawasan Pantai Kita sebagai penyebutan untuk hasil reklamasi Pulau C yang terletak di Kelurahan Kamal Muara Kecamatan Penjaringan Kota Administrasi Jakarta Utara.

b. Kawasan Pantai Maju sebagai penyebutan untuk hasil reklamasi Pulau D yang terletak di Kelurahan Kamal Muara Kecamatan Penjaringan Kota Administrasi Jakarta Utara.

c. Kawasan Pantai Bersama sebagai penyebutan untuk hasil reklamasi Pulau G yang terletak di Kelurahan Pluit Kecamatan Penjaringan Kota Administrasi Jakarta Utara.
 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved